10 Tempat Buat Jual Diri Bajer Sosmed Pasca Era Twitwar Pilkada DKI

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Pilkada DKI hampir selesai. Besok adalah hari pemilihan dan beberapa minggu kemudian adalah pengumuman resmi pemenang pilkada. Setelah itu, mungkin akan ada sengketa ke Mahkamah Konstitusi dan baru dua bulan setelahnya kita akan mendapatkan hasil yang benar-benar final untuk pilkada yang melelahkan ini.

Pertanyaan setelah pilkada adalah: bagaimana nasib para bajer dari pihak yang kalah? Mereka pasti akan sepi job dan mengalami kesulitan cari proyekan. Terlebih para bajer yang sudah sedemikian menjual jiwanya untuk mendukung junjungannya di segala waktu dan suasana.

Bajer-bajer kelas teri ini akan ngenes tidak seperti para influencer, yang berada di menara gading dunia digital aman tak tersentuh karena toh mereka tidak pernah norak kayak bajer ketika menjual diri.

Bajer-bajer kelas teri ini mengorbankan segalanya untuk kemenangan junjungannya yang ujung-ujungnya kalah. Mereka telah mengorbankan persahabatan, integritas dan harga diri demi terlihat in-the-know, intelek dan sebagainya. Bayangkan nasib orang-orang ini pasca pilkada DKI; cari job susah, mau minta bantuan ke teman sesama bajer yang nempel ke penguasa pun malu-maluin karena kemarin sudah sedemikian runcing pertarungannya.

Bajer-bajer pecundang ini tentu tidak ada pilihan lain selain bergantung pada diri mereka sendiri untuk survive. Untunglah internet itu maha adil. Mau sedalam apapun kalian terpuruk gara-gara kelakuan kalian sendiri, selalu ada jalan untuk bertahan dan hustling untuk hari esok.

Dalam rangka menyambut selesainya pilkada DKI, saya persembahkan untuk kalian para bajer-bajer kimcil 10 website yang bisa kalian pakai nantinya kalau situasi sepi job dan jadi pengangguran terselubung sudah sedemikian parahnya. Saya bagi 10 website ini dalam 2 kategori: dalam dan luar negeri, Yah kali-kali kalian sudah punya ambisi lebih gede dari pasar lokal sih.

Karya Anak Bangsa Cuy….

  1. Sribulancer

Kalau kalian adalah orang-orang yang doyan bikin artikel hoax atau beternak situs-situs berita abal-abal, maka kalian bisa coba mengalihkan bakat kalian lewat situs ini. Di sini kalian bisa mendaftar sebagai freelancer dan berkompetisi untuk mengerjakan lowongan-lowongan job yang diposting perusahaan-perusahaan dan para pelaku UKM.

Banyak yang bisa kalian kerjakan di sini mulai dari terjemahan, web design, jasa pembukuan, konsultasi hukum dan lain-lain. Pembayaran untuk kalian ditransfer ke rekening bank.

Yang agak-agak ngeri di web ini adalah para pemberi job-nya yang kadang kasih rate keterlaluan. Masa waktu itu ada yang nawarin job menterjemahkan 1,500 lembar halaman yang berisi masing-masing 500 kata dengan rate Rp 1.5 juta? Artinya per halaman cuma dibayar Rp 1,000. Gila apa?

Tapi kalau kalian tertarik, silahkan lah daftar gratis di sini.

2. Sribu

Sribu sebenarnya muncul duluan sebelum Sribulancer. Dua website ini adalah bikinan Ryan Gondokusumo. Bedanya dengan Sribulancer adalah di Sribu ini total mengenai design. Jadi kalau kalian yang jaman pilkada DKI adalah para meme artists dan tukang edit foto agar jadi hoax atau fitnah, kalian bisa coba peruntungan kalian di sini kalau junjungan kalian kalah.

Cara kerja di Sribu ini adalah kalian berkompetisi dengan designer-designer lain kalau ada klien yang memasukkan brief design baru yang dibutuhkan.

Misalkan ada klien yang meminta design infografis hitungan matematika logis bagaimana Rp 0 kalau dibagi 6 sama dengan Rp 2.3 juta, kalian dan designer-designer lain akan mensubmit karya-karya kalian ke si klien dan dia akan memilih mana yang terbaik.

Designer yang terpilih tentunya akan memperoleh bayaran sesuai kesepakatan. Kalian bisa daftar gratis sebagai designer di sini.

3. Tees.co.id

Tees ini cocok untuk kalian yang sepanjang pilkada kemarin banyak main di jualan kaos kampanye. Tees ini adalah platform di mana kalian bisa menjual kaos dengan tanpa modal uang.

Kalian hanya perlu mengupload design kalian dan pihak Tees yang akan mensablon dan mengirimkan kaos kalian ke pembeli. Selisih antara harga yang kalian tetapkan dengan ongkos produksi plus kirim Tees akan menjadi profit dan pendapatan kalian.

Dengan menggunakan platform Tees kalian juga akan mencegah terjadinya drama kaos berbulan-bulan tidak sampai ke konsumen kayak si selebtwit gak jelas itu yang jualan kaos Coldplay dengan design sederhana saja gak selesai-selesai 4 bulan sampai dikejar-kejar para pembelinya.

Bahkan kalian sudah bisa jualan kaos lewat Tees kalau besok hasil quick count sudah keluar. Kalau calon kalian kalah, siap-siaplah kalian design kaos untuk dipakai para pendemo di MK nantinya. Ya mungkin kalian tidak akan sehebat Alberto Leonardo yang bisa jualan kaos sampai profit Rp 5 milliar-an tapi kan Rp 10 juta sampai Rp 20 juta kan lumayan ketika calon kalian nyungsep.

By the way, Tees ini suka agak sering kasus sablonan lupa keprint dan sebagainya. Mungkin karena web ini platform jualan kaos swadaya paling besar di NKRI saat ini jadi suka agak-agak error adminnya.

Pengen coba jualan lewat Tees? Daftar gratis di sini.

4. Idaff

Kalian hobi masturbasi intelektual di Twitter alias kultwit? Lebih berfaedah kalau kalian salurkan hobi kalian di Idaff.

Idaff ini adalah platform yang bisa kalian pakai kalau kalian punya skill atau ilmu yang bisa didokumentasikan secara digital dalam bentuk e-book ataupun video untuk kemudian kalian jual.

Kalau kalian pakai platform Idaff sebagai vendor (penjual), akan ada ribuan affiliates (makelar) yang siap membantu kalian memasarkan produk tutorial digital kalian.

Karena kalian produknya dalam bentuk file digital yang bisa didownload dan tidak perlu ongkos shipping, maka ada baeknya kalian set komisi tinggi untuk para affiliate biar makin banyak yang promosi dan produk kalian makin laku.

Jadi kalau ada di antara kalian yang punya ilmu cara mendapatkan rumah di tengah kota Jakarta seharga Rp 350 juta tanpa DP dan tanpa nyicil, silahkan bikin videonya, unggah di Idaff dan jual. Daftar gratis Idaff di sini.

5. Projects.co.id

Ini mirip-mirip dengan Sribulancer dan juga mirip-mirip Idaff. Maksudnya adalah di sini kalian bisa menjadi seorang freelancer dengan menawarkan jasa/skill kalian ke perusahaan-perusahaan dan pelaku UKM yang membutuhkan dan kalian juga bisa berjualan produk digital kalian sendiri seperti software, website template dan lain-lain.

Projects.co.id ini sebenarnya sudah cukup lama berdiri cuma memang penampakan website-nya tidak semodern Sribulancer dan lain-lain. Kalian akan menerima pembayaran lewat transfer bank.

Gabung Projects.co.id gratis di sini.

Jadi TKI Di Web Luar….

  1. Teespring

Teespring adalah Tees versi bule. Di sini kalian bisa upload design kaos dengan tema tertentu untuk dijual ke bule-bule di luar negeri.

Untuk bisa menerima pembayaran, kalian harus memiliki akun Paypal. Sekarang kalian beruntung karena untuk bikin akun Paypal verified di Indonesia tidak diwajibkan memiliki kartu kredit terlebih dahulu.

Walaupun Teespring ini adalah platform milik bule, bukan berarti orang Indonesia gak bisa sukses. Kalau kalian jago analisa niche market kayak Alberto Leonardo, kalian bisa cuan ratusan juta dalam sekali campaign.

Kuncinya di Teespring adalah menemukan sesuatu yang lagi ngetrend banget dan ada pembelinya. Alberto bisa booking profit Rp 5 milliar lewat design kaos Phi Day-nya yang dilaunch bersamaan dengan hari Phi sedunia dan memiliki niche market nerd fisika yang jumlahnya besar di US sana. Alhasil Alberto waktu itu bisa jual 20,000-an piece kaos Phi Day dengan ambil margin profit $20-an per piecenya.

Jadi kalau nerd geek kayak Alberto saja bisa, masa kalian bajer-bajer yang maha mulia gak bisa? Daftar gratis Teespring di sini. Sekalian beli kursus cara sukses campaign Teespring-nya Alberto juga di sini biar hidup kalian ada tujuan.

2. 99Designs.com

99Designs adalah Sribu versi bule. Cara kerjanya sama: ada klien posting brief design yang dia mau dan kalian bersaing dengan designer-designer lain untuk mengerjakannya. Kalau kalian terpilih, kalian akan dibayar lewat Paypal.

Daftar gratis sebagai designer di sini.

3. Fiverr

Fiverr adalah tempat jual diri freelancer yang mau dibayar minimal $5 untuk jasanya. Kalian bisa menawarkan jasa apa saja di situs ini mulai dari logo design sampai yang aneh-aneh seperti menari-nari layaknya orang tolol sambil memegang papan tanda dengan tulisan tertentu.

Situs ini adalah salah satu situs freelancing paling besar di luar sana karena para freelancers yang ada di sini menawarkan jasanya dengan harga yang sangat murah. Tentunya dengan harga murah terkadang kualitas pun tidak seberapa.

Kalau kalian mau coba mengais receh $5/job di Fiverr, kalian bisa daftar gratis di sini. Kalian akan menerima pembayaran via Paypal

4. Udemy

Udemy adalah Idaff versi luar negeri. Di sini kalau tidak salah cuma menerima tutorial dalam bentuk video.

Jadi kalau kalian ingin berjualan video tutorial, kalian harus bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar yang di mana hal ini sangat saya ragukan kalau sepanjang pilkada DKI kemarin kalian cuma selevel bajer kelas teri.

Kalian bisa daftar Udemy gratis di sini.

5. Freelancer.com

Last but not least tentunya adalah Freelancer.com. Semua anak freelance Indonesia pasti minimal pernah daftar di situs ini dan merasakan sendiri ketatnya kompetisi dapetin job di sini.

Freelancer.com ini mirip dengan Sribulancer dengan pemberi job yang lebih tau cara menghargai jerih payah freelancer. Di Freelancer.com, kalian bisa mendapatkan $100 untuk job terjemahan sebanyak satu sampai dua halaman.

Tapi di sini juga tantangannya berat karena untuk mendapatkan job, kalian harus bersaing dengan freelancer-freelancer dari seluruh dunia yang memiliki kualitas tinggi.

Kalau kalian pede dengan skill kalian sepede kalian dengan kultwit pilkada DKI kalian, cobain saja daftar gratis jadi freelancer di sini.

Nah, silahkan kalian coba deh yah peruntungan kalian di situs-situs di atas. Moga-moga kalian ada yang sukses sehingga tidak jadi benalu lagi di masyarakat dan jadi sampah timeline sosial media.

Kalau kalian bukan bajer kelas teri, jangan lupa share artikel ini. Pasti ada kawan kalian yang bajer kelas teri yang membutuhkan.


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

 

Leave A Response

* Denotes Required Field