Jaman dulu kita berolah raga just for the sake of hobby atau memang mau hidup sehat saja. Tapi jaman now, di tengah makin membanjirnya narsisme di media sosial, punya aplikasi yang berkaitan dengan olah raga atau gaya hidup sehat itu wajib hukumnya.

Aplikas-aplikasi ini ya pada umumnya memiliki fungsi “pamer” yang sama; hasil apapun yang kamu catat di dalamnya bisa langsung kamu share ke followers dan friends kamu di media sosial. Supaya mereka semua tahu kalau kamu berolah raga, makannya apa aja dan berapa kalori yang kamu konsumsi dan bakar.

Nyinyir aside, tidak bisa dipungkiri keberadaan aplikasi-aplikasi sangatlah membantu buat bikin orang-orang mulai berolahraga. Okelah mungkin pada awalnya mereka memakai aplikasi-aplikasi tersebut untuk “pamer” dan “caper” tapi pada akhirnya mereka akhirnya bisa jatuh cinta pada olah raga yang mereka jalani kan bagus juga.

Aplikasi-aplikasi ini juga berguna untuk memaksa para penggunanya untuk lebih bertanggung jawab ke janji dan goals mereka terkait kesehatan. Berapa banyak orang yang membikin New Year’s resolution untuk turun berat badan tapi ujung-ujungnya malah tambah berat di akhir tahun? Dengan memakai aplikasi-aplikasi olah raga, at least mereka merasa diawasi oleh ribuan mata julid netijen untuk memenuhi targetnya atau end up jadi bahan nyinyiran di dalam group WhatsApp ataupun thread Detik Forum.

With that being said, berikut 3 aplikasi mobile pilihan saya yang cocok kamu pakai kalau mau mulai berolah raga dan hidup lebih sehat. Kenapa cuma 3? Karena kalau kebanyakan ya bisa tidak fokus. Lagipula, ketiga aplikasi ini sudah mengcover semua yang kalian butuhkan; ada olah raga cardio, angkat beban dan nutrition tracking.

1. Nike Run Club

Link Download Android | Link Download IoS

Aplikasi ini adalah aplikasi olah raga pertama yang pernah saya pakai. Dulu namanya masih Nike Run+ kalau tidak salah dan saya memakai aplikasi ini selama kurang lebih setahun ketika kegiatan running lagi hits banget di sekitaran tahun 2015.

Aplikasi ini membantu kamu untuk melacak jarak, kecepatan dan jumlah kalori yang kamu bakar selama berlari. Aplikasi ini juga bisa mengukur suhu udara di tempat kamu berlari termasuk naik turunnya tanah di jalur-jalur yang kamu lewati jadi diharapkan perhitungan jumlah kalori terbakarnya lebih akurat.

Setelah berlari, maka data-data kamu semua dicatat. Ada juga catatan mengenai rekor kecepatan kamu sehingga kamu punya ambisi untuk mengalahkan diri kamu sendiri di sesi selanjutnya. Dan tentu saja, kamu bisa share semua data-data hasil berlari kamu ke media sosial.

2. Stronglifts 5X5

Link Download Android | Link Download IoS

Ini adalah aplikasi yang cocok buat yang ingin mulai latihan angkat beban. Workoutnya simple banget: latihan 3 kali dalam seminggu dan terdiri dari 2 workout set.

Di hari pertama kamu latihan Workout A: squat, bench press dan barbell row. Tiap gerakan kamu lakukan sebanyak 5 repetisi dan kamu ulangi sampai 5 set.

Di hari kedua kamu latihan Workout B: squat, overhead press dan deadlift. Kamu lakukan squat dan overhead press sebanyak 5 kali 5 repetisi dan khusus untuk deadlift, kamu cukup lakukan 5 repetisi.

Di hari kedua, kembali ke Workout A dan berputar terus siklusnya.

Tiap kamu memulai sesi baru, kamu akan menambahkan beban seberat 2.5 kg ke barbel yang kamu pakai. Misalnya kalau di hari Senin kamu memakai barbel kosong seberat 20 kg untuk melakukan squat, maka di hari Rabu ketika kamu melakukan squat lagi, kamu tambahkan plat 1.25 kg di kedua ujung barbel sehingga angkatan kamu naik 22.5 kg.

Workout yang ada di sini benar-benar sangat efektif dan efisien untuk membangun fondasi strength. Kalau kamu melakukannya dengan benar, setiap sesi tidak akan lebih lama dari 45 menit.

Bagusnya aplikasi ini adalah sangat-sangat beginner friendly. Exercise angkat beban yang dilakukan adalah yang sangat dasar dan mudah dilakukan oleh pemula. Saya tetap menyarankan untuk menyewa jasa seorang personal trainer untuk mengawasi form dan postur tubuh kamu ketika melakukan angkatan-angkatan basic ini.

Nah, buat yang sudah agak lumayan ngerti lifting, aplikasi ini mungkin terasa membosankan karena basically cuma ada 5 exercises yang bolak-balik diulang. Kalau ingin variasi angkat beban yang lebih banyak dan program-program yang lebih spesifik maka aplikasi Bodyspace mungkin lebih cocok >> Link Download Bodyspace Android | Link Download Bodyspace IoS

3. My Fitness Pal Calorie Counter

Link Download Android | Link Download IoS

Hidup sehat bukan cuma olah raga saja tapi juga tidak kalah pentingnya adalah melacak apakah makan kita sudah sehat dan menghitung kalori.

Kalau Nike Run bagus untuk kalian yang suka cardio dan ingin bakar lemak dengan cepat lewat berlari terus Stronglifts/Bodyspace bagus buat yang ingin membentuk otot lewat angkat beban, maka untuk melengkapi rejimen olah raga kalian, aplikasi My Fitness Pal ini sangat cocok untuk mengcover sisi nutrisi.

Aplikasi ini memiliki database yang sangat luas untuk menghitung kalori. Bahkan jajanan gorengan saja terlacak di sini berapa kira-kira kalorinya.

Selain menghitung kalori, aplikasi ini juga akan mengingatkan kalian kalau kalian sudah kelebihan mengkonsumsi karbo dan lemak dalam sehari.

Di awal kalian bisa setting tujuannya untuk turun berat badan atau menaikkan berat badan. Kalau kalian setting goals untuk turun, maka aplikasi akan men-set kalori maksimal yang bisa kalian makan selama sehari dan kalau untuk naik, maka aplikasi akan menargetkan surplus kalori minimal untuk menambah berat badan.

Itu adalah aplikasi-aplikasi olah raga yang bisa mulai kalian coba untuk mulai berolah raga dan hidup lebih sehat. Kalian punya aplikasi lain yang sekiranya keren dan butuh diketahui lebih banyak orang? Share pengalaman kalian di bagian comment di bawah ya.

Follow Me:

Hans David

A lifestyle journalist and a student of the gentle art with Alliance Jiu Jitsu Indonesia.
Hans David
Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published.