Gym itu tempat yang unik.

Di satu sisi, gym adalah tempat kita kabur dari rutinitas sehari-hari lewat olah raga; entah itu lari di treadmill, angkat beban, ikutan kelas Yoga dan sebagainya. Gym adalah tempat “me time” untuk kita-kita yang suka olah raga dan sudah cukup punya gaji buat bayar membership gym.

Di sisi lain, di gym juga kita berkumpul dengan banyak orang yang juga mencari keringat dengan caranya masing-masing dan punya kepribadian masing-masing. Jadi di gym ada unsur individualisme tapi juga di saat bersamaan ada keharusan untuk bisa bersosialisasi dengan benar.

Selama saya nge-gym, ada beberapa kelakuan anggota gym yang menurut saya sangat nyebelin karena selain mengganggu juga bisa berbahaya buat orang lain. Kalo kamu baru mulai nge-gym, belom nge-gym, ataupun udah lama nge-gym, pastiin kamu gak ngelakuin hal-hal di bawah ini yang bisa bikin kamu disebelin sama orang-orang lain yang lagi latihan:

1. Teriak keras entah buat apa….

Gini bro/sis, kalo situ teriak keras banget ketika lagi dalam usaha mecahin rekor angkatan beban tingkat nasional atau dunia, ya kita-kita yang di gym bakalan paham dan support banget.

Tapi kalo situ teriak keras banget sampe kedengeran ke meja resepsionis cuma buat deadlift 20 kilogram atau squat pakai bar kosong ya buat apa sih? Situ pengen kita pada ngalihin pandangan ke situ untuk angkatan lucu-lucuan begitu atau apaan tujuannya?

2. Gak balikkin alat ke tempatnya

Kalau itu dumbbell udah selesai dipake, tolong kembaliin lagi ke tempatnya donk sob. Jangan dibiarin bergelimangan di lantai soalnya kalo keinjek orang bisa berabe. Begitu juga kalo udah selesai latihan deadlift, please banget balikkin plat-playnya, terutama yang berat-berat balik ke tempatnya. Dari kecil kan udah pada diajarin kalo abis main ya diberesin mainannya bukan? C’mon people, you are supposed to be educated middle class if you can afford a gym membership.

3. Ego fucking lifting

Maaf, tapi kagak ada orang pergi ke gym buat mikirin total angkatan orang lain. Jadi gak perlu juga sih berusaha ngangkat beban berat-berat banget yang kagak bisa lu angkat juga. Sering liat gak orang di gym naro plat banyak banget di bar terus dia gak bisa ngelakuin angkatan dengan form sempurna dan cuma ngelakuin latihan yang ujung-ujungnya gak ada manfaat? Padahal mungkin itu plat yang dia pake itu bisa dipake member lain yang mungkin lebih butuh dan punya tujuan jelas selain buat pamer ego doank. Numpukin plat yang berlebihan di alat juga bisa ngerusak mesin dan yang paling parah, kalau sampai tu plat niban elu ya elu ngerepotin satu gym buat nyelametin nyawa elu.

4. Banting-banting dumbbell atau barbell dan lain-lain

Ini juga typical kelakuan ego lifter di atas. Oi sob, if you cannot put the weights down with proper control, they are too heavy for you. Banting-banting beban berat ini juga berbahaya banget buat member gym lain. Saya pernah hampir ketiban dumbbell 24 kilo di jari kaki saya gara-gara ada yang ngebanting di sebelah saya. Kan bangsat. Belum lagi banting-bantingan ini juga bikin lantai bergetar. Kalau ada yang latihan squat terus gara-gara lantainya bergetar dia hilang keseimbangan dan punggungnya patah gimana? Kalo ada yang hobi ngelakuin ini di gym baiknya ditampol aja.

5. Pamer peler di kamar ganti

Entah kenapa member gym yang udah setengah bau tanah paling doyan ngelakuin ini. Apa mereka udah lupa kalau handuk yang disewakan itu ada fungsinya? Lagian siapa juga sih yang mau liat titit-titit keriput? Use the towel and close your God damn dicks! Nobody wants to see them!

6. Pakai alat atau tempat latihan di luar fungsinya

Squat rack itu didesign buat dipake latihan squat. Kasian donk designer squat rack kalo produknya dipake bukan buat latihan squat tapi buat barbell curl. Kasian juga member-member lain yang tujuannya mau squat jadi harus nunggu situ ngelakuin latihan yang harusnya bisa dilakukan di luar area squat rack. Begitu juga dengan alat-alat lain seperti mesin angkat beban kayak leg press machine itu mbok ya dipakai sesuai fungsinya biar awet dan situ juga gak celaka.

7. Makan tempat area atau alat-alat gym tapi GAK LATIHAN BGZD!

Salah satu area/alat angkat beban paling populer di gym itu adalah bench press. Sayangnya alat ini juga paling sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tujuan nge-gym-nya gak jelas. Udah sering banget saya ngeliat orang-orang pakai bench press ini bukan buat latihan tapi buat duduk-duduk atau tidur-tiduran di bench-nya sambil maenin HP. Begitu juga squat rack. Di area ini banyak bener orang-orang gak jelas bukannya squat malah ngumpul-ngumpul ngegosip atau ngomongin cewe cakep yang ada di gym. I mean, wtf? Tiap gym kan ada rest atau nongkrong area-nya. Kalau mau arisan dan ngobrol-ngobrol ya di situ donk bukan makan tempat/area dan bikin orang yang mau latihan kesusahan.

Itu 7 kelakuan member gym yang paling nyebelin yang sering saya liat dan alami. Kalian ada cerita kelakuan member gym lain yang nyebelin juga? Share di kolom komen di bawah ya.

 

Follow Me:

Hans David

A lifestyle journalist and a student of the gentle art with Alliance Jiu Jitsu Indonesia.
Hans David
Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published.