Eezygram – Mempermudah Proses Watermark Para Instagramers

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Instagram dulu identik sebagai aplikasi anak alay yang pengen pamer foto keren tanpa sekolah fotografi atau hipster narsis yang sok kepengen terlihat gak mainstream dengan memposting foto-foto yang diberi efek vintage.

Tapi sekarang, setelah Twitter dan Facebook didominasi oleh muka Jonru, kaum bumi datar dan twitwar pilkada, makin banyak orang dan perusahaan yang memakai Instagram sebagai ajang untuk membangun branding, mempromosikan usaha, produk dan jasa.

Kekuatan utama Instagram memang di visualnya dan juga orang-orang yang berkeliaran di situ adalah orang-orang yang memang ingin cari kesenangan dan hal-hal ringan jauh dari hiruk pikuk pilkada dan sejenisnya.

Karena itu, gambar-gambar atau meme-meme yang menarik memiliki banyak kesempatan untuk di-like, mendapatkan engagement tinggi dan menjadi viral.

Dari pengalaman saya sebagai pengguna Instagram, umumnya gambar-gambar yang memiliki jumlah like dan engagement tinggi adalah yang berkaitan dengan kuliner, travel, fotografi, fitness, humor dan kata-kata bijak ataupun galau (ya masih banyak millennial galau sampe sekarang).

Masalahnya, sering terjadi Instagramers atau perusahaan yang sudah capek-capek memproduce gambar-gambar viral mengalami nasib karya-karyanya dibajak oleh orang lain yang ingin mendapatkan jalan pintas untuk memproduksi konten dengan potensi engagement tinggi.

Kurang lebih dua tahun yang lalu contohnya, sebuah akun humor berfollower tinggi, Dagelan, ketauan mencomot banyak materi dan quote dari stand up comedian Indonesia sehingga akhirnya dibully habis-habisan oleh komunitas stand up dan netizen yang budiman.

Cara yang sering dipakai oleh Instagramers untuk melindungi kontennya dari plagiasi semacam yang dilakukan Dagelan adalah dengan memberi watermark pada gambar-gambar yang diupload.

Watermark adalah semacam tulisan kecil (biasanya nama akun atau website) dan kadang diberi efek semi transparan yang ditempelkan pada gambar agar kalaupun ada yang mau mencomot tanpa ijin, maka tanda watermark itu biasanya masih terbawa sehingga orang yang melihat gambar bisa tau siapa pencipta originalnya.

Untuk membuat watermark ini biasanya para Instagramers menggunakan Adobe Photoshop.

Untuk Instagramers veteran atau yang berprofesi sebagai graphic designer dan fotografer biasanya mereka sudah memiliki template layer watermark sendiri di Photoshop yang tinggal ditimpakan ke atas gambar-gambar yang mau mereka upload ke Instagram.

Setelah selesai memberi watermark, barulah foto dan gambar diupload ke Instagram.

Untuk melakukan watermark dengan cara di atas, biasanya Instagramers harus berpindah-pindah antara PC dan smartphone mereka. Foto yang diambil oleh kamera smartphone biasanya dipindah dulu ke PC. Di sini, baru membuka Photoshop untuk menempelkan watermark. Setelah jadi, file foto dengan watermark dipindah lagi ke smartphone untuk diupload ke Instagram.

Ribet kan?

Untuk membantu para Instagramers mengatasi masalah tersebut, maka mas Agus Sakti, seorang pembuat software, menciptakan sebuah aplikasi desktop bernama Eezygram.

Eezygram memiliki dua fitur utama:

  1. Built-in image editor sehingga para Instagramers bisa memberi watermark dan editing foto atau gambar tanpa harus membuka atau memiliki Photoshop.
  2. Posting langsung ke Instagram dari desktop sehingga para Instagramers tidak perlu repot-repot memindahkan file foto dan gambar yang sudah diwatermark ke smartphone lagi untuk kemudian diupload ke Instagram.

Untuk melihat dalemannya Eezygram seperti apa, berikut contoh demo video pemberian watermark pada gambar:


Selain memberi watermark pada foto/gambar, Eezygram juga bisa menempelkan watermark pada video sehingga tidak memerlukan aplikasi video editor terpisah untuk memberikan watermark kalau misalnya ada Instagramers yang lebih suka memposting video-video di akunnya. Demo proses watermark pada video bisa dilihat dilihat di bawah ini:

Setelah selesai memberi watermark pada foto/gambar dan video, maka tinggal diupload langsung dari dalam Eezygram ke akun Instagram. Khusus untuk yang versi platinum, maka postingan ke Instagram pun bisa dilakukan secara scheduled atau terjadwal seperti bisa dilihat di demo ini:

Secara total, Eezygram memiliki lebih dari 20 fitur yang bisa dilihat di web resminya.

Untuk Instagramers yang bukan graphic designer atau mengalami kesulitan dalam mendesign postingan yang bagus untuk Instagram, mas Agus juga akan menyediakan puluhan template untuk berbagai tema dan produk seperti di bawah ini:

Eezygram ini bisa digunakan di komputer Windows maupun Mac. Adapun spesifikasi minimalnya adalah Windows 7 dan OS X Yosemite 10.10 untuk yang menggunakan Mac.

Nah, di atas tadi saya sempat menyinggung bahwa Eezygram ada yang versi Platinum. Aplikasi ini memang diciptakan dalam dua versi Silver dan Platinum. Perbedaan antara kedua versi tersebut bisa dilihat di tabel bawah ini:

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Eezygram Silver

  • Bayar sekali seumur hidup
  • Akses Semua fitur EezyGram
  • Akses ke grup Facebook eksklusif pengguna Eezygram
  • Lisensi: Unlimited PC (personal)
  • Video Tutorial

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Eezygram Platinum

  • Bayar tahunan
  • Image Scheduled Post (maksimal 6 hari)
  • Update Template Tiap Bulan (dalam 1 tahun)
  • Akses Semua fitur EezyGram
  • Akses grup facebook eksklusif
  • Lisensi: Unlimited PC (personal)
  • Video Tutorial

Harga untuk Eezygram Silver adalah Rp 894,000 untuk selamanya sedangkan Eezygram Platinum adalah Rp 986,000 per tahun. Kenapa yang Platinum lebih mahal dan mempunyai biaya berlangganan tahunan? Karena di versi Platinum, user akan mendapatkan update template postingan Instagram setiap bulannya.

Kalau kamu ingin membeli Eezygram baik yang versi Silver ataupun Platinum kamu bisa mengklik salah satu tombol di bawah ini:


Keterangan: harga yang tertera pada halaman ini adalah harga per 16 Maret 2017. Eezygram pada waktu postingan ini diketik masih dalam tahap soft launching. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Leave A Response

* Denotes Required Field