Alat Bantu Buat Melawan (Atau Menyebarkan) Hoax Jelang Hajatan Politik 2018 & 2019

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Di 2018 nanti ada 171 daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak. Setahun sesudahnya, kita akan memasuki Pemilu 2019 yang terdiri dari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Buat kalian yang cermat melihat peluang, tau kan ini artinya apa? Kesempatan untuk cari duit dari para politisi yang akan bertarung dengan menawarkan jasa propaganda maupun counter-propaganda lewat media sosial.

Di negara yang umur demokrasinya baru secuprit ini, kita taulah propaganda apa yang paling banyak beredar di medsos: hoax. Jangankan kita yang baru 20 tahun merasakan demokrasi, Amerika yang sudah 200 tahun saja masih banyak diwarnai oleh hoax suasana politiknya.

Joseph Goebbels, ahli propaganda Nazi, dulu mengatakan bahwa kebohongan yang disebarkan secara terus menerus akan diterima sebagai kebenaran.

Dan kita semua bisa merasakannya sampai saat ini bukan? Betapa begitu masif propaganda bahwa Jokowi itu komunis atau Partai Komunis Indonesia (PKI) mempunyai jutaan kader dan siap bangkit kembali. Walau sampai sekarang sebagian besar dari kita tau bahwa hal-hal tersebut hanyalah delusi sebagian kecil orang-orang gila, tidak menutup kemungkinan dalam dua sampai tiga tahun ke depan propaganda tersebut akan merasuk ke dalam otak pemilih-pemilih pemula yang masih naif dan akan diterima oleh mereka sebagai kebenaran.

Kita tidak bisa terlalu berharap bahwa orang-orang akan melakukan due dilligence sendiri untuk memverifikasi apa info yang mereka terima itu hoax atau bukan. Maka cara untuk melawan propaganda hoax adalah dengan propaganda counter-hoax juga.

Para propagandis hoax, yang sering juga memasukkan unsur-unsur hate speech, bergerak melalui jaringan medsos yang terkoordinir dan masif. Mereka berkumpul di Facebook group dan Whatsapp groups saling menyebarkan hoax dan hate speech yang diposting masing-masing anggota. Bahkan ada yang memiliki Facebook Fanpage dengan 1 juta likers. Sekali posting hoax di sini, maka algoritma Facebook akan menunjukkan postingan tersebut ke minimal 5% likers. Secara persentasi sedikit tapi 5% dari 1 juta users itu sama dengan 50,000 orang. Dan kalau tiap-tiap orang ini menyebarkan hoax ke Whatsapp group yang memiliki 20-an anggota saja, terbayang efek viralnya kan?

Untuk mengcounter propagandis hoax ini, ada dua cara.

Pertama; membangun jaringan counter-hoax yang besar juga di medsos. Susahnya dengan cara ini adalah, sebagian besar propagandis hoax adalah kaum pengangguran yang tidak ada pekerjaan. Sedangkan orang yang punya pekerjaan atau usaha yang benar, sebagian besar waktunya ya dihabiskan untuk bekerja bukan memikirkan hoax apalagi mengcounternya.

Kedua; menggunakan alat bantu untuk bisa secara otomatis 24 jam non-stop mengcounter hoax atau hate speech apapun yang sedang beredar di medsos.

Nah untuk cara yang kedua ini, kemarin notifikasi Facebook group affiliate Ratakan ada memperkenalkan sebuah software yang kayaknya cocok untuk melawan propaganda hoax dan hate speech (ataupun membantu menyebarkan tergantung dari niat masing-masing pengguna).

Software tersebut bernama Facebook Marketing Auto Post. Software dari mas Wildan Arifin ini dari namanya sebenarnya memiliki tujuan utama untuk membantu para pemilik usaha untuk memasarkan produk atau jasanya melalui Facebook. Tapi setelah saya melihat fungsi-fungsi utamanya dan bagaimana software ini bekerja, saya melihat Facebook Marketing Auto Post ini bisa juga dipakai sebagai alat bantu untuk mengcounter ataupun menyebarkan hoax.

Dapatkan FM Auto Post

Facebook Marketing Auto Post ini memiliki 5 fitur utama sebagai berikut:

  1. Posting otomatis ke 100 akun Facebook, masing-masing akun maximal 5,000 friends, selama 24 jam non-stop.
  2. Posting otomatis ke unlimited Facebook group dan Facebook page.
  3. Postingan yang dipost bisa berupa text, link, video ataupun gambar.
  4. Schedule postingan dari segi jadwal, selisih durasi antar postingan dan urutan postingan juga bisa kita atur apa mau random atau terstruktur.
  5. Bisa membuat list postingan yang sudah berhasil dipost secara otomatis. (Cocok buat konsultan politik yang harus membuat report ke klien politisi pada saat pilkada dan pilpres nanti).

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video demo FM Auto Post di bawah ini:

Dapatkan FM Auto Post

Nah sekarang kita ngomongin dagingnya yah buat yang pengen cari duit gede pakai software ini....

Seperti sudah saya katakan di atas, dalam dua tahun ke depan akan banyak peristiwa politik panas seputar pilkada dan pilpres di NKRI ini. Buat kalian yang memiliki software ini, kalian bisa menawarkan jasa propaganda medsos, baik counter-hoax atau hoax, kepada para politisi-politisi yang akan bertarung.

Selain software ini, yang perlu kalian siapkan adalah 100 akun Facebook (boleh asli dengan mengajak teman-teman kalian untuk ikutan bareng ataupun abal-abal) dan beberapa Fanpage ataupun Group dengan likers dan members yang cukup banyak (cara bangun FB Group dan Likes bisa lewan iklan Facebook, untuk Indonesia biaya per like cukup murah).

Setelah akun Facebook, FB Group dan Fanpage siap, maka kalian siap untuk menggunakan software ini dan menawarkan jasa propaganda counter-hoax maupun hoax kepada tim sukses para calon-calon kepala daerah, anggota dewan atau bahkan calon presiden.

Harganya? Yah terserah kalian. Yang jelas ada banyak anggota dewan yang di pilpres 2014 mengeluarkan dana minimal 5 milliar untuk membayar orang melakukan kampanye via medsos.

Dan sebenarnya tidak perlu menunggu 2019 karena genderang perang tahun politik kan toh sudah sangat terasa sekarang. Mulai besok kalian bisa mulai usaha jasa propaganda ini dan menikmati sebagian kecil kue belanja politik Indonesia yang nilainya bisa mencapai trilliunan perputarannya.

Buat kalian yang tertarik mencoba industri jasa propaganda politik ini, silahkan klik link di bawah ini untuk mendapatkan software Facebook Marketing Auto Post dan sekalian mencoba demonya:

Dapatkan FM Auto Post

(CATATAN: Software ini hanyalah sekedar alat. Penggunaannya untuk mengcounter hoax atau malah menyebarkan hoax ada di tanggung jawab masing-masing pengguna. Saya sebagai affiliate dari mas Wildan tidak bertanggungjawab atas tujuan penggunaan software ini nantinya oleh para users)


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

Leave A Response

* Denotes Required Field