Cara membuat email broadcast dengan GetResponse

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Setelah di postingan sebelumnya kita belajar tentang cara membuat email follow up berkala di GetResponse, kali ini kita akan belajar cara membuat email broadcast.

Email broadcast adalah fitur penting karena lewat ini, kamu bisa mengirimkan email ke seluruh subscribers kamu kalau ada update penting.

Misalnya toko online kamu mengadakan diskon akhir tahun, maka kamu bisa mengirimkan email mengenai promo ini ke seluruh subscribers kamu dengan sekali klik saja tanpa perlu mengemail mereka satu per satu.

Email broadcast ini juga berguna kalau misalnya kamu memiliki produk/jasa baru yang kamu tawarkan di blog/website kamu.

Dengan fitur ini, kamu juga membroadcast dengan etis karena yang menerima email dari kamu adalah orang-orang yang telah mendaftarkan diri sendiri ke newsletter kamu untuk menerima update rutin dari kamu. Hal ini tentu berbeda jauh dengan broadcast via BBM atau Whatsapp yang umumnya dilakukan oleh teman-teman kita yang berjualan online. Kamu belum tentu mau menerima penawaran produk lewat BBM/Whatsapp kamu sehingga kegiatan ini bisa dikategorikan spamming.

Nah berikut cara membuat email broadcast dengan layanan GetResponse:

  1. Pertama-tama seperti biasa login dulu ke dashboard akun GetResponse kamu dan pilih campaign yang telah kamu set di kanan atas.

2. Setelah itu, arahkan mouse ke “Messages” lalu pilih “Create Newsletter”.

3. Di layar berikut ada 2 opsi: membuat newsletter dengan interface drag & drop atau lewat HTML. Karena kita mau membikin email dengan format simpel agar tidak dianggap sebagai spam oleh Gmail, maka kita pilih yang HTML.

4. Lalu kamu tinggal mengisi tema dari broadcast kamu di “Message Name”, judul email kamu di “Subject”, alamat email yang kamu ingin gunakan di “From” dan klik “Next Step”.

5. Di layar berikut, pilih “Show WYSIWYG” di bagian kiri bawah.

6. Setelah itu kamu mulai mengetik isi dari email broadcast kamu. Kamu juga bisa menggunakan toolbar di bagian atas untuk memformat jenis huruf, ketebalan dan kemiringan isi email kamu atau mungkin juga mau memasukkan gambar. Setelah selesai, klik lagi “Next Step”.

7. Di layar berikut, kamu bisa memilih apa kamu mau mengirimkan broadcast ke subscribers di campaign lain yang telah kamu bikin atau tidak. Setelah menentukan pilihan, klik “Next Step” lagi.

8. Setelah itu akan muncul summary untuk broadcast kamu. Setelah kamu puas dengan semuanya, kamu ada 3 pilihan untuk mengirimkan broadcast yaitu “Send” kalau kamu ingin mengirimkan saat itu juga, “Schedule” kalau kamu ingin broadcast dikirimkan pada hari dan jam yang kamu tentukan atau “Perfect Timing” di mana GetResponse akan mengirimkan email kamu berdasarkan lokasi geografi si subscriber dan waktu setempat. Misalnya; si A adalah subscriber kamu di US dan si B tinggal di Jakarta, maka GetResponse akan mengirimkan broadcast kamu ke si A di jam dia biasa membuka email di US dan ke si B di jam dia biasa membuka email di Jakarta.

8. Kalau kamu klik “Send”, maka layar ini akan muncul dan memberitahukan broadcast kamu akan dikirim dalam waktu 1 menit. Kalau kamu ingin membatalkan, tinggal klik “Cancel Sending”.

Demikian panduan mengirimkan email broadcast dengan GetResponse. Kalau kamu ingin praktek mencobanya, silahkan klik tombol di bawah untuk mendapatkan akun trial GetResponse gratis selama 30 hari.

Coba GetResponse 30 Hari Gratis

 

Leave A Response

* Denotes Required Field