Cara Membuat Follow Up Berkala Menggunakan GetResponse

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Oke, di postingan sebelumnya saya sudah memberikan panduan dasar GetResponse mulai dari pendaftaran, membuat campaign sampai kamu bisa membuat dan menaruh formulir berlangganan di blog WordPress.

Sekarang saya akan memberikan panduan bagaimana mensetting follow up berkala dengan menggunakan GetResponse. Fitur ini adalah fitur yang sangat penting karena memungkinkan kamu untuk mengirimkan email secara otomatis dan berkala ke subscribers kamu.

Tujuan kamu mengirimkan email berkala ini tergantung dari diri kamu masing-masing tentunya. Mungkin kamu ngeblog dan memakai autoresponder untuk memperkuat branding kamu di industri tertentu atau bisa juga kamu ingin mengedukasi pembaca kamu atas topik tertentu yang kamu kuasai lewat email.

Tapi kebanyakan fitur email follow up berkala ini digunakan untuk meyakinkan subscribers untuk membeli produk/jasa yang kita coba tawarkan di blog atau website kita masing-masing.

Kebanyakan orang tidak langsung membeli sesuatu secara online. Mereka butuh di-follow-up atau diyakinkan terlebih dahulu. Lewat email berkala ini, kamu bisa mencoba follow up subscribers kamu secara otomatis tanpa perlu mengirimkan email kepada mereka secara manual satu per satu.

Oke, mari kita mulai saja yah….

  1. Pertama-tama, seperti biasa kamu bisa login ke akun GetResponse kamu dan begitu masuk ke dashboard silahkan pilih campaign yang telah kamu pasang di bagian kanan atas layar seperti ini:

2. Setelah kamu memilih campaign, arahkan mouse ke “Messages” dan pilih “Create Autoresponders”:

3. Layar seperti di bawah ini lalu akan muncul. Di sini kamu bisa men-set apa orang yang mendaftar mau langsung dikirimkan email follow up pertama atau tidak. Untuk melakukan seperti itu, kamu tinggal set “0” di bagian “On Day” dan “Immediately” di bagian “Send Message”. Seperti kamu bisa lihat, kamu pun bisa mengatur apa email follow up pertama apa mau bisa dikirim setiap hari atau pada hari tertentu saja. Setelah kamu puas dengan settingan email follow up pertama kamu, klik “create new email”.

4. Di bagian berikutnya, kamu isi info-info lanjutan untuk email follow up pertama kamu. Dimulai dengan “Message Name”, yang di mana ini bukan judul email tapi lebih ke tema email kamu kira-kira apa untuk mempermudah referensi kamu nantinya kalau ingin mengubah isinya. Dalam contoh ini saya pakai message name Follow Up #1.

Setelah itu di bagian Subject baru kamu isi judul email follow up pertama kamu. Di sini kamu bisa personalize email kamu misalnya dengan memasukkan nama pertama subscribers sehingga kalau mereka menerima email follow up dari kamu, mereka merasa email itu lebih personal karena kamu menyebut nama mereka di judul. Untuk personalize ini cukup klik di “personalize” dan pilih personalisasi yang kamu inginkan mulai dari nama lengkap sampai kota domisili subscribers pun bisa. Dalam contoh ini, saya memilih menggunakan nama pertama subscribers dan selamat datang sebagai judul email pertama.

Di bagian “from” isi dengan email kamu yang kamu gunakan untuk mendaftar di GetResponse atau email alamat lain yang kamu daftarkan juga di setting account kamu di GetResponse.

Setelah selesai, klik “Next Step”.

5. Di layar berikut, kamu bisa memilih template email yang mau kamu pakai sesuai dengan industri atau tema blog kamu. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu gunakan. Saya pribadi menyarankan untuk memakai HTML code editor saja karena email dengan terlalu banyak images sering dimasukkan ke folder spam oleh penyedia jasa email besar seperti Gmail. Selain itu membuat email dengan HTML code editor pun jauh lebih mudah dan tidak rumit. Untuk itu, klik HTML Code Editor di kolom kiri bagian bawah.

6. Di layar berikut, klik Show WSYIWYG di bagian kiri bawah.

7. Di layar berikut, kamu bisa mulai mengetikkan isi dari email follow up pertama kamu. Kalau kamu bisa memakai internet, sudah pasti kamu pernah mengetikkan email dan memakai Microsoft Word. Di sini hampir sama persis dengan kamu mengetik email biasa dan memakai program MS Word. Di bagian atas, ada tool kit yang bisa kamu pakai untuk memformat tulisan kamu menjadi bold, italic, underline dan lain sebagainya. Kamu pun tetap bisa menggunakan personalisasi. Di bagian putih yang besar adalah tempat kamu mengetikkan isi email kamu. Setelah selesai membuat email, klik “Next Step”.

8. Kamu akan dibawa ke layar seperti ini lagi cuma kali ini bedanya kamu cuma perlu klik Save and Publish.

9. Lalu kamu akan melihat layar ini di mana kamu bisa melihat email follow up pertama kamu sudah berhasil di-set untuk dikirimkan di hari pertama dan pada sesaat setelah ada visitors yang subscribe.

10. Untuk bikin email follow up hari pertama, kedua, ketiga dan seterusnya cukup mudah. Pertama pilih Messages lagi dan kali ini klik “Manage Autoresponders”.

11. Kamu akan dibawa lagi ke layar di langkah 9. Untuk menambah email follow up hari kedua dan seterusnya, kamu tinggal klik salah satu kotak di sebelah email pertama dan melakukan langkah-langkah yang sama mulai dari langkah ke-3.

Berapa banyak jumlah follow up yang bisa kamu set? Di GetResponse tidak dibatasi. Kamu mau mengirim cuma 10 follow up atau 365 follow up untuk setahun penuh bebas terserah kamu. Intinya adalah kamu cukup kerja sekali di awal men-set beberapa email follow up untuk mengedukasi subscribers tentang produk dan jasa kamu, setelah kamu set maka mesin pengirim email GetResponse akan bekerja terus 24 jam non-stop mengirimkan follow up sesuai dengan frekuensi yang telah kamu atur.

Dengan menggunakan sistem follow up email otomatis seperti ini artinya sebagian besar pekerjaan kamu untuk memfollow up subscribers atau calon pembeli produk/jasa kamu sudah sebagian besar didelegasikan ke GetResponse.

Untuk mulai praktek mencoba GetResponse, kamu bisa daftar di bawah ini untuk mendapatkan akun trial GetResponse 30 hari secara cuma-cuma.

Coba GetResponse 30 Hari Gratis

Oke, kira-kira demikian dulu tutorial email marketing dengan GetResponse hari ini. Nanti akan ada postingan-postingan tutorial lanjutan yang lebih advanced lagi pastinya. Untuk jadi yang pertama mendapatkan update tutorial terbaru, silahkan daftarkan diri kamu di form yang ada di halaman ini yah.

1 Comment

Leave A Response

* Denotes Required Field