IMDB Scraper: Plugin WordPress Untuk Movie Bloggers

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

UPDATE: IMDB Scraper sudah direlease ke publik per tanggal 24 Mei 2017. Dapatkan plugin ini di sini.

Baru-baru ini saya berkesempatan untuk mencoba sebuah plugin WordPress bernama IMDB Scraper buatan mas Agung Rahmat Darmawan, seorang software dan plugin developer.

Sesuai dengan namanya, plugin ini berfungsi untuk scraping (ambil data) film-film dari IMDB dan mempostingkannya ke dalam blog WordPress kita.

Data yang diambil adalah info-info mengenai film seperti tahun keluaran, nama sutradara, rumah produksi, nama pemeran utama serta pendukung dan lain-lain.

Kenapa gak copy paste aja dan harus pakai plugin sih? Well, kira-kira begini latar belakangnya….

Saya sering menulis review film untuk media tempat saya bekerja dan hal yang sebenarnya kecil tapi lumayan mengesalkan untuk dilakukan adalah menyediakan information box mengenai detail film yang saya review mulai dari tahun produksi, rumah produksi, nama-nama aktor utama dan pendukung, lama durasi film dan lain sebagainya.

Kebanyakan reviewer film pasti pergi ke IMDB untuk mendapatkan detail-detail tersebut. Akan tetapi, seperti sudah kita ketahui, format penulisan di IMDB dan tempat kita menuliskan review, entah di blog atau web kita masing-masing, hampir pasti berbeda mulai dari format font sampai ke paragrafnya.

Seringkali kita harus copy dan paste detail-detail info film ke text pad dulu baru kita copy-paste lagi ke blog kita dan kita ketikkan agar formatnya sesuai dengan blog kita. Ini proses yang sebenarnya sederhana tapi begitu remeh temeh dan kadang memakan waktu sehingga kadang mengesalkan.

Dengan IMDB Scraper dari mas Agung ini, semua proses remeh temeh di atas bisa kita lakukan kurang dari 30 detik. Cukup masukkan ID IMDB dari film yang ingin kita dapatkan detailnya dan plugin ini akan memposting secara otomatis semua detail film sesuai dengan format blog kita, tanpa kita perlu dua kali melakukan copy-paste dan ketik ulang.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, saya paparkan tutorial cara memakai IMDB Scraper ini.

Pertama-tama, kita install dulu pluginnya. Masuk ke dashboard WordPress kita terus klik plugin dan add new:

Setelah plugin diinstall, aktifasikan dan masukkan license key yang kita dapatkan dari mas Rahmat:

Oke, plugin siap untuk digunakan. Sekarang kita ke IMDB dulu untuk mengambil ID film yang ingin kita scrape. Dalam hal ini saya memakai contoh Alien Covenant dan letak ID film-nya bisa dilihat di bawah ini.

Oke, setelah kita dapatkan ID film-nya, kita masukkan ID film tersebut ke dalam plugin.

Masukkan ID film ke tempatnya, set tanggal mulai posting, berapa postingan yang ingin dipost dan berapa postingan per harinya.

Kamu juga bisa menset apa gambar dari IMDB mau didownload lalu dihost di server kamu dan lain sebagainya.

Setelah puas dengan settingan, klik “Simpan” lalu “Proses IMDB” seperti gambar di bawah.

Setelah proses selesai, kamu bisa melihat berhasil tidaknya postingan dengan melihat ke pojok kiri atas plugin.

Dalam hal ini postingan berhasil. Kalau kita klik link di pojok kiri atas itu, maka kita akan dibawa ke halaman blog tempat postingan tersebut ada. Ini contohnya di bawah (saya menggunakan blog kosong yang memang biasa saya pakai untuk testing plugin WordPress baru).

Seperti bisa dilihat, hasil postingan plugin rapi dan mengikuti format blog kita secara otomatis. Sekarang untuk fitur utamanya adalah memposting detil info film secara massal (bulk) sehingga kita tidak perlu repot-repot copy paste satu per satu dari masing-masing film.

Proses hampir sama seperti di atas, tapi masukkan semua ID film yang ingin kita scrape di bagian isian ID film (satu baris satu ID) dan settingan serta eksekusi proses scrapping kurang lebih sama. Contohnya di bawah ini.

Terlihat semua film yang discrape berhasil diproses:

Dan kalau saya buka halaman blog, maka terlihat semua film datanya berhasil dipost.

Oke, bagaimana best practice untuk memakai plugin ini buat para movie bloggers?

Menurut saya, plugin ini bagus buat movie bloggers yang sudah punya rencana atau incaran beberapa film yang mau direview dalam periode tertentu misalnya mau review 10 film dalam satu bulan ke depan.

Gunakan plugin ini untuk men-scrape seluruh data info 10 film yang mau direview lalu set postingannya sebagai draft dulu. Setelah selesai menonton film, maka edit draft postingan film yang mau direview dan ketikkan review kita tanpa perlu repot-repot copy-paste info detil lagi satu per satu.

Plugin ini masih belum direlease ke publik dan tanggal kapan mulai dijual masih belum ada. Yang jelas, harganya menurut mas Rahmat tidak akan di atas Rp 500,000. Sekadar informasi saja, plugin sejenis dari luar dijual dengan harga minimal $47.

Untuk mendapatkan informasi launching penjualan plugin ini, silahkan subscribe ke newsletter saya di bawah. Ketika nanti dilaunching, akan saya kabarkan dan pastinya subscribers saya akan mendapatkan tingkat harga yang lebih murah di masa promosi.

UPDATE: IMDB Scraper sudah direlease ke publik per tanggal 24 Mei 2017. Dapatkan plugin ini di sini.


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

Leave A Response

* Denotes Required Field