Kenapa Blogger Individu Dengan Modal Pas-pasan Sebaiknya Tidak Bermain Adsense

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Semenjak program Adsense dilaunch dulu dan dibuka untuk para pemilik web asal Indonesia, program ini jadi salah satu pilihan utama bagi para webmaster dan blogger untuk memonetize website atau blognya.

Adsense adalah program partnership di bidang periklanan dari Google yang memberikan kesempatan buat para webmaster dan blogger yang menempelkan script Adsense pada website dan blog masing-masing untuk mendapatkan bagi hasil dalam bentuk cash mata uang dollar.

Jadi skemanya begini: Google kan ada program periklanan Adwords. Nah para pemasang iklan Adwords ini juga ingin agar iklannya nongol di situs-situs yang relevan dengan produk mereka. Google bukalah program Adsense di mana para webmaster dan blogger bisa pasang script di website dan blog yang nantinya bisa menampilkan iklan-iklan pengiklan Adwords ini. Kalau ada yang mengklik iklan tersebut, si webmaster dan blogger bisa mendapatkan komisi bayaran per klik-nya.

Adsense ini populer di kalangan blogger yang mulai berpikiran monetize blog-nya karena proses pendaftarannya mudah. Kita cuma perlu akun Gmail, sebuah blog dengan minimal 10 artikel yang memiliki tema tertentu dan melakukan pendaftaran gratis untuk menjadi publisher Adsense.

Secara sepintas, blogger-blogger baru pun melihat bermain Adsense cukup mudah dijalankan. Kan toh tidak perlu menjual apapun dan kalau ada visitors yang mengklik, maka akan dapat komisi dalam bentuk dollar. Gampang toh?

Padahal tidak demikian keadaan sebenarnya. Bermain Adsense gampang itu cuma mitos yang diajarkan oleh banyak buku-buku panduan Adsense yang ada di toko-toko buku.

Buku-buku ini banyak memberikan contoh nama-nama seperti Cosa Aranda dan Adrian Fitra yang telah berpenghasilan puluhan ribu dollar sampai ratusan ribu dollar per bulannya dan memberikan informasi yang sangat oversimplified tentang bagaimana publisher-publisher besar seperti itu seakan-akan bisa mendapatkan income besar dengan cuma mendaftarkan web mereka dan menempelkan script Adsense.

Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti sebuah webinar (seminar di internet) yang diadakan oleh salah satu komunitas internet marketing di Indonesia yang menghadirkan salah satu publisher Adsense besar asal Indonesia. Di situ, dia menjabarkan rahasia dapur bagaimana dia bisa mendapatkan antara $10,000 sampai dengan $15,000 per bulannya lewat Adsense.

Ternyata dia berani mengeluarkan modal gila-gilaan untuk membangun bisnis Adsense publishingnya. Salah satunya adalah dia memiliki sekitar 400-an situs dan blog yang memang dibuat untuk tujuan Adsense. Setiap blog ini memiliki domain sendiri dan dihost di tempat yang berbeda-beda pula. Dari sini aja kita bisa berhitung bahwa untuk domain saja dia keluar sekitar $4,000-an per tahun karena harga rata-rata domain itu $10 per tahun. Itu saya belum menghitung ongkos hostingnya loh.

Selain itu, dia juga perlu memastikan 400 web dan blog tersebut diisi dengan konten-konten yang relevan sesuai tema masing-masing. Untuk ini, dia mengembangkan sistem pengisian konten yang menggunakan otomatisasi lewat tools dan software content creation yang harganya juga bisa ratusan dollar per copy-nya.

Mbah-mbah Adsense lain yang jauh lebih besar income-nya seperti Cosa dan Adrian juga sudah pasti memiliki jumlah web dan blog Adsense yang banyak. Ada yang bilang mereka bisa sampai memiliki 10,000 web dan blog yang memang didedikasikan untuk bermain Adsense.

Kenapa sih mereka memiliki web dan blog sedemikian banyaknya untuk Adsense? Karena realitanya adalah untuk mendapatkan $100 saja dari Adsense itu sangatlah susah kalau hanya mengandalkan satu web atau blog.

Publisher Adsense yang cuma mengandalkan satu blog pasti tahu kan rata-rata income bulanan dari Adsense bergerak antara $5 dan $10? Kalau bisa nembus $50 dari satu blog aja itu pasti udah edan banget pasti kerja dan trafficnya.

Kenapa bisa sekecil itu? Karena harga per klik Adsense itu kecil cuy. Bisa dapat $1 per klik aja itu sudah keajaiban banget. Rata-rata per klik itu ya $0.05 sampai $0.1 dan kalau blog kita itu bukan dalam bahasa Inggris, bisa jauh lebih kecil lagi.

Karena itulah publisher Adsense yang incomenya di atas ribuan dollar itu sudah pasti memiliki banyak web dan blog di berbagai niche ataupun kalau tidak memiliki banyak blog, mereka punya beberapa web sejenis portal yang jumlah visitornya bisa di atas 1,000,000-an unique visitors per bulan. Dan untuk bisa kayak begini, ya impossible-lah kalau kita cuma blogger individu yang gak punya modal cukup gede untuk bayarin staff penulis konten, langganan tools autoblog yang kelas premium dan lain-lain.

Nah, dengan demikian, apa yakin masih mau mencoba peruntungan di Adsense untuk cari uang jajan extra di internet kalau kita hanya seorang blogger individu dengan modal pas-pasan? Kalau yang masih mau nyoba-nyoba sih silahkan aja. Semangat ya brur 😀

Terus buat blogger individu yang modalnya pas-pasan apa donk alternatifnya kalo buat cari duit extra yang halal lewat online?

Ya saya sih menyarankan konsentrasi di 3 jenis monetisasi ini aja dulu di awal:

  1. E-commerce: buka toko online sendiri buat jualan produk sendiri atau produk orang lain lewat skema dropship atau reseller.
  2. Nawarin service secara online: kalau kamu punya skills yang bisa berguna untuk orang lain, seperti bahasa asing atau design grafis, kamu bisa coba membuat blog professional yang menampilkan portfolio hasil kerja kamu dan kontak seandainya ada yang mau hire kamu.
  3. Affiliate marketing: kalau punya blog/web yang cukup ramai dan mencakup tema tertentu, gak ada salahnya kamu jadi affiliate di mana kamu menaruh link unik yang mengarah ke web orang lain di blog milik kamu dan mendapatkan komisi bayaran seandainya terjadi transaksi di web orang lain itu.

Tiga skema ini menurut saya sih yang paling cocok buat yang pengen cari extra income secara online dan cuma memiliki waktu dan resources untuk memanage satu blog saja.

Kita telaah aja deh itung-itungan logisnya: kalau kamu bikin blog untuk Adsense, dari 100 visitors ke web kamu mungkin cuma ada 1 biji yang mengklik iklan Adsense dan dari satu klik itu kamu tarolah dapat $0.05 alias Rp 650. Jadi untuk setiap visitor, kamu dihargai Rp 6,5.

Nah, seandainya kamu memiliki jumlah visitors yang sama yaitu 100 dan di blog kamu menaruh produk mug cantik Buni Yani yang memiliki margin profit Rp 20,000-an per piece dan tingkat konversinya pun sama yaitu cuma 1 orang yang membeli maka untuk setiap visitor, kamu dihargai Rp 200.

Dengan kerja yang sama, yaitu mendapatkan traffic sebesar 100 visitor, tapi perbedaannya cukup jauh kan antara Rp 200 per visitor dan Rp 6,5 per visitor?

Yah tapi ini cuma saran aja sik. Mau percaya atau nggak ya terserah.


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

Leave A Response

* Denotes Required Field