Ada banyak video tutorial bela diri untuk perempuan bertebaran di internet dan….90% di antaranya dibuat oleh orang-orang yang kebanyakan nonton film Hollywood dan berpikir fancy spinning shit actually works in a real fight.

Video-video abal-abal semacam itu justru akan membuat korban berada dalam situasi yang jauh lebih berbahaya karena apa yang diajarkan lebih banyak gayanya ketimbang substansinya.

Beberapa waktu lalu, saya dan instruktur BJJ saya, Alliance Jiu Jitsu black belt Prof. Deddy Wigraha, membuat sebuah video yang bisa membantu orang-orang, terutama perempuan yang sedang terancam akan diperkosa, untuk membela dirinya dan melumpuhkan lawan.

Di video ini, Prof. Deddy mendemonstrasikan sebuah teknik kuncian tangan yang bisa dilakukan ketika posisi kita ada di bawah dan sedang ditiban lawan. Secara umum, orang awam akan menilai posisi di bawah adalah posisi yang tidak dominan tapi buat orang yang belajar BJJ, posisi di bawah juga bisa dipakai untuk menyerang dan melumpuhkan lawan.

Selama posisi bawah kita ada dalam kategori guard (tubuh lawan belum sepenuhnya melewati pinggang kita), kita masih bisa menyerang lawan kita. Seorang pemerkosa biasanya akan berusaha sekuat tenaga mempin korbannya ke lantai dan membuka selangkangannya. Posisi guard di dalam video ini adalah posisi di mana kita menggunakan situasi tersebut untuk advantage kita dan menggunakan teknik BJJ serta leverage dari tubuh kita sendiri untuk mengunci dan mematahkan tangan si pemerkosa.

Berikut videonya:

Maafkan untuk kualitas video yang buram karena saya masih memakai HP lama saya untuk merekamnya tapi menurut saya masih cukup terlihat jelas.

Anyway, belajar self defense tentunya tidak bisa dari video saja. Dalam situasi sebenarnya, ada ribuan skenario dan aksi-reaksi yang mungkin terjadi sehingga kita tidak bisa mengandalkan teknik dari cara menghafal step-by-step. Agar bisa self defense beneran, ada baiknya kamu bergabung dengan klub bela diri yang benar dan mempunyai sesi sparring bebas tiap kelasnya untuk melatih insting kamu memakai teknik-teknik yang diajarkan dalam berbagai situasi.

Saya sendiri berlatih di Arena MMA di gedung Setiabudi One, Jakarta. Selalu ada 2 kelas free trial untuk yang ingin mencoba BJJ dan kelasnya tersedia di hari Selasa, Kamis dan Jumat jam 19.30.

Kalau kamu merasa informasi ini berguna dan mungkin ada yang membutuhkan, jangan ragu-ragu untuk menshare postingan ini ya. Oss.

Follow Me:

Hans David

A lifestyle journalist and a student of the gentle art with Alliance Jiu Jitsu Indonesia.
Hans David
Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published.