Saya Apps: Aplikasi Chat Buat Mereka Yang Kesepian

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Pertama kali saya mengetahui tentang aplikasi Saya ini, saya langsung bertanya-tanya mengenai namanya. Kenapa dinamakan Saya? Ternyata setelah ditelisik dan saya coba-coba sendiri, saya berpikir karena memang aplikasi ini mungkin diperuntukkan untuk mereka yang selalu merasa kesepian di tengah keramaian.

Orang-orang yang tinggal dan bekerja di Jakarta pasti pernah merasakan situasi ini; kita datang ke sebuah acara, entah diundang atau memang kita salah satu pihak yang terlibat di dalamnya, dan kita bertemu dengan ratusan atau mungkin ribuan orang di tempat yang sama.

Kita mungkin akan berbasa-basi sejenak tapi setelah basa-basi, lalu apa? Kebanyakan dari kita akan beralih ke layar smartphone kita dan berinteraksi secara dunia maya dengan teman-teman kita atau kenalan-kenalan online dari akun sosial media kita yang setidaknya kita anggap teman.

Dan ujung-ujungnya kita pun merasa bosan, lelah dan letih. Karena ketika kita melarikan diri ke dalam dunia maya kita, topik yang ditemukan itu-itu saja; twitwar pilkada DKI, skandal tipu-tipu selebtwit dan hal-hal yang tidak penting lainnya yang walaupun kita anggap sebagai permasalahan sampah tapi tetap kita kepoin.

Kadang kita ingin menemukan hal baru, berbicara dengan orang-orang baru dan berkenalan dengan mereka yang memiliki minat sama dengan kita atau setidaknya, teman ngobrol hal-hal lain di luar topik-topik yang membosankan dan membuat penat.

Aplikasi Saya, saat ini hanya tersedia untuk Android, mungkin hadir untuk menjawab kegalauan kaum urban Jakarta yang sering merasa kesepian di tengah keramaian.

Pada dasarnya, aplikasi ini adalah aplikasi chat yang dilakukan secara anonymous. Kamu bisa mendaftarkan diri dan memakai persona ciptaan kamu sendiri untuk mulai berinteraksi via chat dengan pengguna lain.

Aplikasi ini menghubungkan pengguna-penggunanya dengan memakai sistem pelacakan posisi geografis. Jadi kalau kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa menyetel aplikasi ini untuk memunculkan pengguna-pengguna lain yang tinggal di Jakarta dengan radius sampai dengan 50 kilometer jauhnya kalau kamu mau. Dengan begini, kamu mungkin bisa menemukan persona-persona pengguna lain yang menarik, yang mungkin menawarkan sesuatu yang lebih daripada karakter mereka di media sosial lain dan mungkin, lebih jujur.

Kok bisa lebih jujur? Karena dengan anonimitas, orang-orang memiliki dua kemungkinan untuk bersikap:

  1. Lebih banyak tipu-tipu.
  2. Lebih bebas untuk bicara dan bersikap apa adanya.

Di media sosial lain, sejujurnya, sudah terlalu banyak pencitraan walaupun orang-orang di sana berinteraksi dengan identitas asli mereka masing-masing. Ya, memang anonimitas di aplikasi Saya juga makin membuka peluang tipu-tipu makin besar tapi untuk pencitraan palsu yang bikin mual a la selebtwit-selebtwit berkepedulian soksial? Sulit.

Anyway, daripada muter-muter gak jelas berbicara mengenai kesepian, saya ulas lengkap saja langsung aplikasi Saya dan fungsi-fungsi yang ada di dalamnya.

Untuk mulai menggunakan aplikasi Saya, kamu bisa mendownload dan menginstallnya lewat Google Playstore di sini.

Aplikasi ini baru ada versi Android, jadi pemakai iOs yang suka merasa kesepian di tengah keramaian, monggo download aplikasi lain yang sejenis kalau ada.

Setelah kamu download, akan ada permintaan untuk persetujuan terms of use seperti di bawah ini. Ya klik saja “Accept” kan toh ini cuma basa-basi.

Setelah itu, akan muncul layar di bawah ini yang pada dasarnya menjelaskan fungsi utama dari aplikasi Saya yaitu menemukan dan connect dengan pengguna-pengguna lain di sekitar kita secara anonymous.

Akhirnya masuklah kita ke dalam menu utama aplikasi Saya. Di sini ada 5 tab utama yaitu Community, Food & More, Marketplace, Lifestyle dan Nice & Friendly. Apa yang ada di dalam tab masing-masing akan saya jelaskan nanti. Yang pertama setelah masuk halaman ini adalah men-tap icon menu yang berbentuk 3 garis horizontal di kiri atas.

Di dalam icon menu akan muncul beberapa opsi. Pilih saja untuk pertama kali “Chat” untuk mengaktifkan fitur chat dan membuat akun anonim kamu di dalam aplikasi Saya.

Setelah kamu pilih menu “Chat”, kamu akan melihat layar ini di mana kamu bisa men-set nickname akun anonim kamu, tahun kelahiran, jenis kelamin, gambar profil dan lain sebagainya. Ingat ya, karena ini aplikasi chat anonymous, ya jangan taruh data-data asli kamu.

Setelah kamu bikin akun anonim, kamu akan dapat badge award pertama sebagai professional. Entah gunanya ini buat apa tapi semakin banyak kamu beraktifitas menggunakan aplikasi Saya, akan semakin banyak badge yang bisa kamu dapatkan.

Nah, sekarang kita explore masing-masing tab yang ada di halaman utama aplikasi Saya. Pertama-tama, Community ini kayak semacam timeline update status dari orang-orang di sekitar kita. Di sini kamu bisa mulai meng-add pengguna-pengguna lain ke dalam daftar kontak di dalam aplikasi Saya kamu kalau ingin chat dengan mereka.

Di dalam tab Food & More, kamu bisa menemukan review dari Zomato untuk restoran-restoran yang ada di sekitar kamu. Kalau kamu punya usaha kuliner dan ingin restoran kamu muncul di dalam aplikasi Saya ini, kamu harus mendaftarkan diri sebagai partner lewat email ke developer aplikasi ini. Tinggal kamu tab tanda “+” dan kamu bisa mendapatkan alamat email developernya.

Tab Marketplace adalah tab di mana kamu bisa cari duit lewat aplikasi ini karena ini adalah tempat jual beli. Ingat, karena ini aplikasi chat anonymous, model transaksi terbaik yang harus kamu pakai kalau ingin membeli sesuatu dari pengguna lain ya dengan COD untuk meminimalisir peluang kamu jatuh jadi korban tipu-tipu.

Di tab Lifestyle, entah kenapa saya banyak nemu konten seputar artis. Emang gaya hidup orang Indonesia itu ngepoin urusan dan kerjaan artis yah?

Terakhir di Nice & Friendly ternyata berisi tata tertib buat pengguna aplikasi Saya agar tidak di-ban permanen.

So far ya itu dulu ulasan aplikasi Saya. Saya juga baru menginstall aplikasinya siang ini dan lagi mencoba explore lebih jauh fungsi-fungsi lainnya.

Oh yah, kamu tidak cuma bisa explore pengguna-pengguna di tempat kamu berada sekarang loh tapi bisa beberapa lokasi sekaligus. Contohnya di sini, saya menambahkan lokasi Tangerang Selatan ke dalam aplikasi Saya.

Untuk menambah lokasi ini cukup mudah, cukup ke tab menu dari halaman utama terus pilih locations dan di dalam menu locations, tap “+” untuk menambah lokasi. Kamu juga bisa set mau seberapa jauh radiusnya.

Oke, sekian dulu ulasan aplikasi Saya-nya. Buat yang mau coba, silahkan download di sini 
atau klik tombol di bawah ini.


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

 

 

Leave A Response

* Denotes Required Field