Waspada Dengan Tawaran Peluang Bisnis Online MOBE

Hans David
Follow Me:

Hans David

Jurnalis & Affiliate Blogger at HansDavidian.com
Wartawan yang di waktu senggangnya mencari extra income lewat affiliate marketing. Dapatkan info gratis cara saya mendapatkan Rp 420,000 lewat 2 tweet iseng-iseng berhadiah di sini.
Hans David
Follow Me:

Beberapa waktu yang lalu, saya sering melihat di Facebook saya sebuah iklan yang menawarkan seminar gratis internet marketing untuk orang-orang yang sedang mencari extra income di waktu luang.

Seminar tersebut diadakan di sebuah hotel berbintang di Jakarta pada waktu weekend dan gratis selama tempat duduk masih tersedia.

Saya waktu itu tidak begitu memperdulikan karena toh memang di weekend saya sudah ada rencana main bola.

Tapi beberapa hari kemudian terutama menjelang weekend, iklan-iklan seminar tersebut makin banyak bermunculan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris.

Hampir di semua iklan itu tidak ada menyebutkan merk selain “seminar gratis”. Nah tiba-tiba ada satu pengiklan yang, entah sengaja atau tidak, mencantumkan kata-kata My Online Business Education (MOBE) dan seketika saya tahu bahwa seminar itu adalah entry point untuk mengajak para peserta untuk masuk menjadi member MOBE.

MOBE akhirnya masuk Indonesia juga….

Ya, saya cukup familiar dengan yang namanya MOBE terutama karena saya dulu cukup banyak menghabiskan waktu di forum-forum internet marketing luar untuk belajar.

Rata-rata di kebanyakan forum luar negeri, nama MOBE cukup jelek karena program ini disinyalir adalah skema piramida yang menyamar sebagai program affiliate.

Di sisi lain, banyak juga yang fanatik memuji-muji MOBE karena program ini mendapatkan beberapa endorsement dari para super affiliate besar seperti John Chow, seorang affiliate marketer yang konon telah mendapatkan jutaan dollar lewat affiliate marketing.

John Chow. Sumber foto: Twitter

Nama John juga sudah cukup lama saya kenal. Blognya dulu banyak menampilkan studi kasus dan review produk digital yang dia pakai untuk membesarkan bisnis affiliate-nya. Pertama kali saya membaca blog John yang saya tahu adalah dia banyak bermain di niche games dan gadget yang menjadi passionnya sejak lama.

Nah, sejak John bergabung dengan MOBE, isi blognya pun tiba-tiba berubah drastis menjadi seputar MOBE dan newsletternya selalu berisi screenshot penghasilan mingguan dia lewat MOBE dan motivasi-motivasi a la Mario Teguh. Sangat berbeda dengan gayanya dulu yang sering tidak politically correct dan penuh ekspose terhadap apa saja yang legitimate dan tipu-tipu di dunia online.

Kalau melihat screenshot-nya memang menggiurkan dan saya percaya kok kalau John menampilkan penghasilan aslinya.

Pertanyaannya adalah; apakah MOBE adalah model bisnis yang etis atau sebenarnya skema piramida yang menyamar dalam bentuk program affiliate berbasis membership?

Member-member MOBE selalu mengatakan bahwa programnya bukanlah sebuah skema piramida karena ada produk yang diperjual belikan. Tapi benarkah sesederhana itu? Mari kita bedah lebih jauh.

Disclaimer: saya bukan member MOBE dan saya tidak pernah bergabung dengan MOBE. Yang saya tulis di sini adalah berdasarkan banyak tulisan review mengenai MOBE sebelumnya baik yang pro maupun kontra. Setelah saya membaca dan menganalisa review-review tersebut, saya memutuskan untuk memandang program ini tidak layak diikuti. Tapi setiap orang bisa punya opini berbeda dan kalau ada yang ingin mencoba, silahkan saja tapi saya tidak bertanggungjawab atas keputusan yang kamu ambil.

Latar Belakang MOBE

Matt Lloyd. Sumber Foto: Facebook

Founder MOBE adalah Matt Lloyd, seorang affiliate marketer yang katanya sudah menghasilkan jutaan dollar dari affiliate marketing.

Lewat MOBE ini, Matt menawarkan kesempatan kepada orang-orang untuk membeli dan menjual kembali lisensi kursus-kursus dan tools internet marketing yang dia ciptakan.

Nah di sini pun saya kembali bingung; ini skema affiliate atau reselling lisensi?

Karena kalau skema affiliate, normalnya kita tidak diwajibkan untuk membeli lisensi sebuah produk dan kalau skema resell (menjual kembali) seharusnya kita bisa mendapatkan komisi di atas 100% karena toh kita normalnya mendapatkan hak resell di tingkat harga apa saja karena kita sudah membeli lisensi.

Anyway, kira-kira begitulah model bisnis MOBE secara sepintas: beli lisensi produk dari Matt >> jual kembali >> dapat komisi.

Berikutnya kita telaah lebih jauh tentang biaya yang harus dikeluarkan seorang member kalau ingin bergabung dengan MOBE dan mulai menjual lisensi produk dari Matt.

Biaya Paket Membership MOBE

Standard Affiliate Membership sebesar $19.95 per bulan: Ini adalah membership paling awal. Dengan membership ini, kita bisa memiliki hak untuk menjual produk-produk digital yang ada di dalam sistem marketplace MOBE dan mendapatkan komisi antara 10% sampai 50% per sale.

Ada info simpang siur bahwa setelah kita mendaftarkan diri dengan membership inipun kita masih harus membeli produk digital yang ada di marketplace untuk mendapatkan “hak” menjualnya. Jadi misalnya kita mau menjual software email marketing yang ada di dalam MOBE, kita harus terlebih dahulu membelinya sebelum kita berhak menjualnya.

Again, di sini saya yang merasa bingung kenapa program ini disebut sebagai affiliate program. Karena di affiliate marketplace lainnya tidak ada kewajiban untuk kita membayar membership apalagi harus membeli produk terlebih dahulu untuk mulai bisa menjual. Di Clickbank, contohnya, kita bisa menjual produk digital untuk berbagai jenis niche dan keperluan tanpa biaya membership ataupun harus membeli salah satu produk yang ingin kita jual terlebih dahulu.

Top Tier Business Membership sebesar $49 per bulan: Berdasarkan review para member dan eks-member MOBE, setelah melakukan pendaftaran di level standard, maka akan muncul penawaran untuk upgrade membership ke level ini.

Di level ini para member dijanjikan akan diberikan seorang coach pribadi yang akan memberikan mereka training internet marketing yang dibagi dalam 21 langkah. Nah, menurut banyak eks-member, coach ini sebenarnya tidak lebih dari orang yang lebih dulu bergabung di MOBE dan berusaha menjual produk-produk digital tambahan yang katanya bisa “membantu mendapatkan penghasilan stabil lewat MOBE dalam jangka panjang”.

Produk digital pertama yang akan coba dijual kepada para member di level ini adalah MOBE Licensing Rights seharga $2,497 (yes, you read that correctly) dan di saat bersamaan juga upgrade membership bulanan menjadi $99 per bulan.

Dengan membeli MOBE Licensing Rights, kita mendapatkan hal untuk menjual lisensi yang sama ke orang lain dan memperoleh komisi yang cukup besar per sale-nya. Yang saya baca terakhir komisinya ada di tingkat 50% jadi kalau kita bisa jual lisensi ini kembali, kita bisa mendapatkan sekitar $1,200-an per sale.

TAPI GAK BERHENTI DI SITU AJA LOH!!!!!

Setelah kita membeli MOBE Licensing Rights dengan harga hampir $2,500 atau sekitar hampir Rp 30 jutaan, kita masih akan ditawarin lagi lisensi-lisensi dan monthly membership fee yang lebih tinggi lagi yaitu:

  1. Titanium Membership sebesar $9,997 dan membership bulanan menjadi $199
  2. Platinum Membership sebesar $16,667 dan membership bulanan menjadi $299
  3. Diamond Membership sebesar $29,997 dan membership bulanan menjadi $299

Dan seperti sebelumnya, setiap kali kita upgrade membership kita, kita memiliki hak untuk menjual kembali lisensi membership kita dan mendapatkan komisi kurang lebih 50% per sale.

Sekilas kalau kita lihat yang dilakukan Matt lewat MOBE itu sah-sah saja. Dia melakukan funneling dengan membuka penawaran di harga murah untuk kemudian menawarkan paket-paket membership di harga premium atau high ticket.

Yang menjadi masalah buat kebanyakan internet marketer dengan MOBE ini adalah value dari produk digital yang dijual tidaklah sebanding dengan harganya.

Banyak dari produk digital yang dijual di harga ratusan sampai ribuan dollar di MOBE ini hanya berupa ebook dasar-dasar internet marketing atau cara memulai bisnis online yang bisa didapatkan di tempat lain dengan harga yang jauh lebih murah atau bahkan gratis.

Masa sih cuma untuk belajar bikin blog WordPress saja kita harus mengeluarkan biaya $19 per bulan?

Lalu untuk bisa berlangganan autoresponder dengan fitur paling dasar harus berinvestasi minimal $49 per bulan padahal dengan GetResponse atau Profit Sender kita bisa mendapatkan fitur yang kurang lebih sama dengan biaya bulanan 50% sampai 75% lebih murah?

Dan yang paling tipu-tipu menurut saya dari MOBE ini adalah jaminan uang kembali dari Matt sebesar $500 kalau kita tidak mampu menghasilkan uang sedikit pun dari MOBE dalam 30 hari.

Jaminan ini ternyata bukan tanpa syarat. Mari saya jelaskan sedikit….

Untuk bisa mendapatkan jaminan ini, kita harus membeli paket membership yang bernilai $49 per bulan. Kelihatannya fair bukan? Bayar $49 untuk sebulan dan kalau dalam sebulan kita tidak bisa menghasilkan uang sepeser pun, kita bisa minta refund plus bunga sebesar $500….

Nah, yang jadi masalah adalah Matt mensyaratkan untuk mendapatkan refund itu kita harus dengan tekun menjalankan 21 langkah training internet marketing yang diberikan oleh personal coach kita….

Dan di langkah ke-5, personal coach kita akan meminta kita upgrade ke paket yang senilai $2,497 untuk masuk ke langkah selanjutnya. Kalau kita tidak melakukan ini berarti kita dianggap tidak tekun dan JAMINAN REFUND UNTUK KITA HANGUS!

Jadi kalaupun kita membayar $2,497 untuk melakukan langkah ke-5 dan melanjutkan training dan di akhir bulan kita belum menghasilkan apapun, maka kita cuma akan dapat refund sebesar $500 alias TEKOR HAMPIR $2,000! Di sisi lain, kalau kita tidak melakukan upgrade, maka Matt dan MOBE setidaknya sudah mengamankan profit $49 dari biaya membership bulanan pertama kita!

Brengsek? Banget….

Dengan biaya investasi yang sama, kita sudah bisa membangun sistem affiliate marketing dan funnel yang super duper komplit di tempat lain sedangkan di MOBE yang didapatkan hanyalah ilmu-ilmu dasar internet marketing.

Terus kenapa banyak super affiliate seperti John yang endorse MOBE dan mendapatkan puluhan ribu dollar per bulan dari program ini?

Jawaban paling simpel adalah karena mereka sudah menjadi seorang super affiliate jauh sebelum mereka bergabung dengan MOBE.

John itu memiliki blog yang memiliki unique visitors ratusan ribu per harinya dan juga sudah memiliki database email subscribers yang jumlahnya mungkin sudah hampir satu juta. Dia mau jualan kotoran kerbau seharga $100-pun pasti ada yang beli karena tribe-nya sudah kuat.

Hal di atas yang tidak pernah di-ekspose oleh bala-bala MOBE yang masih kimcil-kimcil.

Yang diserukan adalah program ini cocok untuk semua bahkan untuk orang yang memiliki modal pas-pasan untuk memulai (really? Cek deh harga-harga paket membership di atas….) padahal program semacam ini cuma bisa benar-benar bekerja untuk orang-orang yang memang memiliki modal dan kapasitas kuat seperti John dan para super affiliate lainnya.

Dan ya, MOBE pun sudah memiliki beberapa super affiliate yang orang Indonesia (yang saya tahu mereka semua adalah downline John) dan dalam waktu dekat setelah seminar-seminar “gratis” kemarin kayaknya mereka-mereka ini akan mulai melakukan penetrasi lebih agresif lagi di market Indonesia yang masif dan sebagian besar di antaranya masih terlalu polos untuk menggali lebih jauh daleman program ini.

Kalau saya pribadi memandang program ini tidak etis terutama karena value dan harga produk yang sangat jomplang lalu juga policy refund yang menurut saya culas. Maka saya memutuskan bahwa program ini tidak layak untuk dilihat.

By the way, kalau kamu merasa informasi ini berguna untuk memberikan pencerahan ke orang lain di Indonesia mengenai bisnis MOBE sebenarnya, tolong download dan share artikel dalam versi PDF agar orang-orang bisa melakukan educated decision sebelum mengambil keputusan:


Info Gratis: Cara Saya Mendapatkan Uang Jajan Ekstra Sebesar Rp 420,000 Lewat 2 Tweet Iseng-Iseng Berhadiah

Isi data-data kamu di form ini agar saya bisa mengirimkan infonya kepada kamu lewat email.

privacy Data kamu aman & tidak akan dipakai buat tipu-tipu

Leave A Response

* Denotes Required Field