Cara Melakukan Rear Naked Choke (RNC)

Cara Melakukan Rear Naked Choke (RNC)

Kali ini kita akan belajar cara melakukan rear naked choke (RNC) yang baik dan benar.

RNC ini salah satu submission basic yang bakal lo pelajari sebagai white belt baru tapi jangan salah; submission ini finishing rate-nya paling tinggi di antara semua submission.

Berdasarkan data dari Ultimate Fighting Championship (UFC) di tahun 2022, RNC itu finishing rate-nya hampir 50% dari antara semua submission and yang namanya submission itu bejibun banyaknya.

Jadi kalo dari ratusan variasi submission ada satu yang bisa cover hampir setengahnya ya udah jelas lah efektifitasnya.

Selain itu, menurut gua, RNC ini submission paling berbahaya karena elo literally bisa ngebunuh orang pake teknik ini.

Heel hook dan armbar cuma bakalan bikin patah tulang atau cacat tapi RNC bisa nganter orang ke dunia lain dengan cara paling cepat bahkan kalo diadu sama jenis submission cekikan lainnya.

Elo cuma butuh 6 detik untuk bikin orang pingsan pake teknik RNC dan kalo tetep elo tahan tu submission sampe 10 detik, orang yang lo cekik bisa mati.

Maka dari itu gua ingetin dulu kalo elo mau cobain teknik ini, tolong di kelas BJJ beneran dan diawasin sama instruktur yang qualified.

Nah buat eksekusi tekniknya sendiri kayak gimana, silahkan tonton video di bawah ini.

Cara Melakukan Rear Naked Choke (RNC) Yang Baik dan Benar

Belajar BJJ Dengan Aman Bareng Gua Yuk!

how dangerous is the RNC?

Teknik-teknik di Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) kayak rear naked choke itu bisa berbahaya banget kalo dilatih tanpa pengawasan yang bener.

Kalau elo pengen punya skill ngebela diri dengan cara ngelumpuhin lawan terlepas badan elo jauh lebih kecil ataupun lebih lemah, elo bisa belajar BJJ dengan aman dan nyaman bareng gua di Andy Dragao BJJ di Rawabelong, Jakarta Barat.

Buat booking free trial, klik tombol di bawah ini buat kontak partner gua, om Andy.

Hans David
Socials:
Latest posts by Hans David (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gabung Group Telegram Untuk Mendapatkan VIDEO GRATIS Prinsip Dasar Self Defense Di Brazilian Jiu Jitsu & Booking Sesi Free Trial >>

X