Selamat pagi sobat-sobat penggemar baku hantam. Di edisi #RabuBakuHantam kali ini kita akan melanjutkan lebih jauh topik kuncian kaki.

Setelah minggu lalu kita belajar cara melakukan straight footlock atau kuncian kaki paling dasar sekarang kita akan belajar cara melakukan kuncian kaki heel hook atau kuncian tumit.

Heel hook adalah kuncian kaki yang sangat berbahaya karena mempunyai breaking point (titik patah) yang sangat kecil. Artinya dengan sedikit gerakan salah atau betotan yang sedikit lebih kuat, kaki orang bisa patah di 3 bagian atau paling minimal mengalami kerusakan ligamen lutut yang bisa berakibat absen dari berjalan normal selama minimal 6 bulan.

Untuk mendemonstrasikan cara melakukan kuncian ini adalah kembali Alliance Jiu Jitsu 2nd degree black belt Prof. Deddy Wigraha, yang juga merupakan instruktur saya di kelas Brazilian Jiu Jitsu Tapout Fitness di Jalan Wijaya 1 no. 71, Kebayoran, Jakarta selatan.

Sekali lagi, kuncian ini jangan dicoba di rumah tanpa pengawasan dan bimbingan orang yang terlatih. Kalau ingin belajar cara mempraktekkan kuncian ini dengan aman, gabung di kelas Brazilian Jiu Jitsu kita aja di Tapout Fitness yak.


Leave a Reply

Your email address will not be published.