Salah satu teknik favorit saya dalam Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) adalah kuncian kaki.

Entah bagaimana awal ceritanya, kuncian ini adalah salah satu teknik yang paling sering saya lakukan dalam sesi sparring sejak saya masih white belt.

Dalam filosofi BJJ purist, kuncian kaki sering dianggap "teknik kotor" atau "kasar" karena kuncian ini lebih mengandalkan pada rasa sakit yang menyebabkan lawan menyerah bukan karena membuat lawan sesak nafas tidak berdaya seperti teknik cekikan.

Teknik cekikan dianggap lebih BJJ karena teknik ini sesuai dengan arti dari jiu jitsu itu sendiri yaitu "the gentle art". Kuncian kaki, di sisi lain, sama sekali jauh dari lembut (gentle) karena ya memang teknik ini jauh lebih menyakitkan daripada cekikan.

Kalau dari segi bahaya ya itu tergantung bagaimana tiap-tiap orang mendefinisikan apa itu "bahaya". Teknik cekikan sudah jelas bisa menyebabkan kematian sedangkan teknik kuncian kaki bisa menyebabkan seseorang cacat seumur hidup. Menurut kamu lebih berbahaya atau sengsara mati atau cacat seumur hidup?

Anyway, dalam 10 tahun terakhir, suka tidak suka, teknik kuncian kaki menjadi teknik yang paling populer di dalam dunia kompetisi grappling. Juara-juara dunia seperti Mikey Musumeci, Gordon Ryan dan Estima brothers membawa teknik kuncian kaki menjadi sangat populer di ajang-ajang kompetisi BJJ setelah lama sebelumnya dianggap sebagai teknik orang kasar. Semua ini thanks kepada Dean Lister, seorang BJJ black belt, yang dulu tiba-tiba nyeletuk ke John Danaher, sesama BJJ black belt, kalimat "Why would you ignore 50% of the human body?" ketika John bertanya "Kok lu suka banget ya nyerang kaki?"

Karena kata-kata Dean itu, John seperti dapat pencerahan dan membentuk sebuah tim berjulukan Danaher Death Squad yang terdiri dari pengunci-pengunci kaki paling berbahaya di dunia.

Anyway, enought talking tentang apa dan kenapanya teknik kuncian kaki dan langsung saja tonton video tutorialnya di bawah ini yang diperagakan 2nd Degree Black Belt Prof. Deddy Wigraha:

Jangan lupa untuk mendaftar jadi subscribers blog saya jika belum untuk mendapatkan update rutin mengenai #RabuBakuHantam plus e-book gratis "7 Cara Cari Duit Di Internet". Monggo mendaftar dengan mengisi form di bawah ini.

E-Book Gratis:

"7 Cara Cari Duit Di Internet"

Isi form di bawah ini untuk mendownload


Leave a Reply

Your email address will not be published.