Minggu lalu saya telah membahas mengenai pentingnya untuk segera membangun list subscribers kalau kamu ingin mengoptimalkan potensi blog atau website kamu untuk mencari cuan.

Nah, di edisi #SeninDigital kali ini saya akan membagikan sedikit hal teknis mengenai 5 langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk segera membangun list subscribers.

Oke, mari kita mulai dengan langkah pertama....

Langkah #1: langganan autoresponder

Autoresponder adalah alat yang wajib kamu miliki untuk mulai membangun list subscribers dan saya sangat menyarankan agar kamu berlangganan autoresponder berbayar karena seperti yang telah saya bilang di postingan minggu lalu, autoresponder gratisan memiliki fitur yang sangat terbatas.

Buat kamu yang tidak memiliki kartu kredit, kamu bisa mencoba layanan autoresponder lokal Kirim.Email. Fitur-fitur yang ada di autoresponder ini sangat banyak dan tidak kalah dengan autoresponder buatan luar negeri.

Kalau kamu merasa bahwa produk luar negeri lebih terjamin dan aman, terus kamu juga memiliki kartu kredit untuk melakukan transaksi online dengan pihak luar, kamu bisa mencoba GetResponse.

Sign up ke layanan pilihan kamu lalu login ke dashboard-nya. Di dashboard, kamu bisa mulai mempelajari bagaimana cara menggunakan autoresponder lewat berbagai video tutorial yang disediakan.

Langkah #2: buat lead magnet

Lead magnet

Subscribers istilah lainnya adalah "lead" dan untuk mulai membangun list subscribers, kamu memerlukan sebuah "lead magnet".

Apa itu lead magnet? Lead magnet adalah sebuah tawaran hadiah gratis kepada pengunjung blog atau website kamu yang bisa mereka dapatkan kalau mereka mendaftarkan email mereka di form pendaftaran subscribers kamu.

Misalnya kalau kamu adalah seorang konsultan keuangan yang ingin menjual acara-acara seminar/webinar kamu mengenai pengelolaan keuangan, kamu bisa menawarkan ke pengunjung blog kamu untuk mendapatkan checklist pengelolaan keuangan keluarga muda gratis dengan cara mendaftarkan email mereka.

Atau kalau misalnya kamu adalah seorang personal trainer yang ingin mencari klien baru, kamu bisa menawarkan lead magnet berupa video tutorial latihan fitness sederhana di rumah.

Bentuk-bentuk lead magnet yang populer di antaranya adalah checklist, ebook, video tutorial, studi kasus, voucher diskon, data industri dan masih banyak lagi.

Gunakan kreatifitas kamu untuk membuat lead magnet yang relevan dengan produk dan jasa kamu. Kalau kamu males membuat lead magnet dari awal, kamu bisa cek produk Jualagi yang akan dilaunching 12 Januari nanti. Jualagi ini berisi 10 produk digital yang lisensi-nya memperbolehkan kamu untuk jual lagi atau kamu gunakan sebagai lead magnet di blog atau website kamu.

Setelah kamu mendapatkan email pengunjung blog kamu lewat tawaran lead magnet, maka dengan menggunakan autoresponder kamu nanti bisa menawarkan mereka produk atau jasa kamu secara otomatis dan berkala.

Langkah #3: susun email follow up otomatis minimal untuk 7 hari

Susun email follow up

Sebanyak 9 dari 10 pengunjung blog kamu tidak akan tertarik melakukan transaksi pada kunjungan pertama.

Jadi sangat penting untuk kamu mem-follow-up mereka via email secara otomatis dan berkala dengan menggunakan autoresponder kamu.

Email paling penting yang harus kamu buat adalah "email selamat datang". Email ini fungsinya adalah untuk memberikan ucapan selamat datang ke subscribers baru kamu, memperkenalkan diri dan keahlian apa yang kamu miliki untuk membantu mereka serta link download/akses ke lead magnet yang kamu janjikan.

Setelah email selamat datang, pastikan kamu minimal memiliki 7 email follow yang dijadwalkan terkirim setiap hari 1 email. Dengan begini, kamu minimal memiliki email follow up untuk seminggu ke depan. Di dalam email-email ini kamu bisa mempromosikan produk dan jasa yang kamu tawarkan secara pelan-pelan dan halus. Bagikan info-info yang relevan dan bisa membantu subscribers kamu lalu kaitkan info-info ini dengan produk atau jasa kamu sebagai solusi.

Langkah #4: taruh form pendaftaran subscribers di blog/website kamu

Setelah kamu selesai membuat lead magnet dan menyusun email follow up untuk minimal seminggu ke depan, sekarang saatnya kamu menaruh form pendaftaran subscribers di blog atau website kamu.

Layanan autoresponder kamu pasti menyediakan script yang bisa kamu copy-paste ke lokasi di blog atau website kamu untuk menampilkan form pendaftaran.

Kalau kamu menggunakan WordPress, kamu juga bisa menggunakan theme-theme yang menyediakan fitur integrasi dengan layanan autoresponder dan kamu bisa menaruh form pendaftaran sebagai sebuah widget.

Taruh form pendaftaran kamu di tempat-tempat "premium" di blog/website kamu seperti di bagian atas, sidebar kanan atas dan juga di bawah akhir artikel. Tempat-tempat ini adalah yang paling banyak terlihat oleh pengunjung blog/website sehingga meningkatkan potensi kamu mendapatkan subscribers.

Taruh info singkat tapi padat dan jelas di form pendaftaran kamu. Kasih info lead magnet yang kamu tawarkan itu tentang apa dan beritahu secara jelas bahwa untuk mendapatkan lead magnet, pengunjung blog kamu harus mendaftarkan email mereka di form pendaftaran.

Langkah #5: bangun relasi yang baik dengan subscribers kamu

Setelah kamu mendapatkan subscribers, kamu jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

Email mereka secara konsisten dan berkala tapi jangan promosi melulu. Berikan email-email yang informatif dan berguna sehingga subscribers kamu bisa lebih percaya kepada kamu dan lebih nyaman untuk melakukan transaksi ke depannya.

Jangan lakukan kesalahan yang pernah saya lakukan. Di tahun 2016 sampai 2017, saya berhasil membangun list sebanyak hampir 2,000 subscribers dan dari sini, saya pernah mendapatkan income kurang lebih 1 jutaan dari sebuah penjualan software dalam sehari.

Tapi di tahun 2017, saya mengalami masalah berat dalam kehidupan pribadi saya sampai saya tidak bersemangat lagi dalam mengoptimalkan email marketing yang saya lakukan. Pada akhirnya banyak subscribers yang unsubscribe atau tidak pernah membuka email dari saya lagi sehingga saya harus mulai lagi dari awal.

Jadi, begitu kamu mendapatkan subscribers, pelihara dan jaga hubungan dengan mereka baik-baik.

Demikian kira-kira 5 langkah yang perlu kamu lakukan di awal membangun list subscribers blog atau website kamu. Kalau kamu belum mendaftar jadi subscribers blog saya, silahkan daftar di bawah dan saya akan mengirimkan langsung e-book "7 Cara Cari Duit Di Internet" yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Cara-cara di dalam e-book ini semuanya halal dan no tipu-tipu sama saya tidak akan menjual program cepat kaya ke kamu.

E-book Gratis:

"7 Cara Cari Duit Di Internet"
Isi Form Di Bawah Untuk Mendownload:


Leave a Reply

Your email address will not be published.