Melanjutkan postingan minggu lalu mengenai cara memulai blog dengan memakai WordPress, kali ini saya mau membagikan 10 plugin yang wajib dipasang sejak awal di blog bapak ibu sekalian.

Apa itu plugin WordPress?

Sederhananya plugin itu adalah extension atau tempelan yang bisa ditambahkan ke blog WordPress.

Pada awal menginstall WordPress, blog bapak ibu masih memiliki fitur yang minim. Dengan menambahkan plugin, bapak ibu bisa membuat blog bapak ibu semakin kaya fitur dan canggih.

Fitur-fitur yang bisa ditambahkan misalnya fitur untuk membuat blog bapak ibu lebih SEO-friendly sehingga disenangi Google, fitur untuk menampung daftar email pengunjung, fitur untuk membuka shopping cart toko online dan banyak lagi.

Plugin banyak yang versi gratisan sembari juga menawarkan versi berbayar dengan fitur yang lebih banyak. Nah, berikut daftar 8 plugin WordPress yang wajib bapak ibu pasang di blog. Sebagian besar plugin ini gratisan dan kalau bapak ibu berminat, bisa beli langsung versi berbayarnya ke developernya masing-masing:

Plugin #1: Jetpack

Plugin ini penting banget untuk diinstall di awal karena plugin ini akan membantu kita men-share artikel-artikel terbaru dari blog WordPress kita ke akun-akun sosial media kita seperti Facebook, Twitter dan Linkedin.

Plugin ini mengotomatisasi proses sharing artikel-artikel terbaru ke media sosial sehingga kita gak perlu repot-repot memposting ulang link kita satu per satu.

Dapatkan plugin Jetpack di sini

Plugin #2: All in One SEO Pack

Plugin ini juga penting untuk diinstall sejak awal karena bisa membantu proses SEO blog bapak ibu sekalian. SEO artinya optimalisasi untuk mesin pencari di mana melalui proses ini blog bapak ibu bisa teroptimalkan rankingnya di mesin pencari untuk keyword tertentu.

Misalnya blog bapak ibu adalah tentang cara memasak kue, maka tentunya bapak ibu ingin agar kalau ada orang yang mencari “resep kue tradisional” lewat Google akan bisa melihat situs bapak ibu di halaman pertama hasil pencarian.

Beberapa fitur plugin ini adalah secara otomatis mengoptimalisasi judul artikel agar SEO friendly, membuat META tags secara otomatis dan lain-lain.

Dapatkan plugin All in One SEO Pack di sini

Plugin #3: W3 Total Cache

Plugin ini memaksimalkan pemanfaatan cache pada blog bapak ibu sekalian sehingga waktu loading lebih cepat dan irit bandwidth server. Blog yang lebih cepat cenderung lebih disukai oleh pengunjung dan juga robot mesin pencari.

Dapatkan plugin W3 Total Cache di sini

Plugin #4: WP Smush It

Plugin ini berguna untuk mengkompres dan mengoptimalkan file gambar di blog WordPress sehingga bisa lebih ringan dan cepat untuk diload tanpa menurunkan kualitas gambar. Setiap gambar yang diupload akan otomatis dioptimalkan oleh WP Smush It jadi lebih baik kalau plugin ini diinstall sejak awal.

Dapatkan plugin WP Smush It di sini

Plugin #5: Akismet

Gak ada yang lebih ngeselin daripada yang namanya spam comments di artikel blog kita. Plugin Akismet ini membantu kita untuk menyaring spam yang disubmit lewat komentar. Biasanya plugin Akismet ini sudah otomatis terpasang di blog WordPress kita ketika kita selesai menginstall di awal.

Dapatkan plugin Akismet di sini

Plugin #6: WP Optimize

Plugin ini membantu bapak ibu untuk mengoptimalkan penggunaan database pada blog WordPress. Plugin ini bisa membersihkan data-data tidak penting pada database yang dihasilkan secara otomatis, seperti spam, auto draft, post revisions dan sebagainya.

Dapatkan plugin WP Optimize di sini

Plugin #7: Broken Link Checker

Broken link adalah link pada blog WordPress yang tidak lagi ada atau telah dihapus. Broken link ini bisa membuat blog WordPress bapak ibu dianggap tidak friendly baik oleh mesin pencari maupun pengguna. Plugin ini membantu bapak ibu untuk memeriksa link-link yang rusak pada blog dan memperbaikinya atau menghapusnya secara total.

Dapatkan plugin Broken Link Checker di sini

Plugin #8: Wordfence Security

Sesuai namanya, plugin ini berfungsi untuk mengamankan blog WordPress bapak ibu dari serangan orang jail dari luar yang berusaha masuk ke halaman admin dan cpanel. Plugin ini membantu blog bapak ibu aman dari berbagai macam serangan seperti brute force, SQL injection, DDos dan lain-lain.

Dapatkan plugin Wordfence Security di sini

Nah kira-kira begitulah 8 jenis plugin yang sebaiknya bapak ibu install sedari awal mulai ngeblog menggunakan WordPress. Setelah menginstall 8 plugin ini, ke depannya bapak ibu bisa mulai menambahkan plugin-plugin lain seperti plugin newsletter, plugin shopping cart dan lain-lain sesuai kebutuhan bapak ibu sekalian.

Sampai bertemu lagi di edisi #SeninDigital berikutnya dan jangan lupa untuk mendaftarkan diri sebagai subscriber lewat form yang ada di atas ataupun bawah agar tidak ketinggalan update seputar dunia digital dan artikel terbaru blog ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published.