Halo, halo setelah 3 minggu gak posting sama sekali karena saya tertular virus COVID-19 dari sekitar pertengahan Januari sampai awal Februari, #SeninDigital kembali lagi dan kali ini saya mau mereview pengalaman saya mengikuti kelas Advanced Social Media Marketing Strategy yang diadakan oleh Kontan Academy dengan mentor seorang digital marketer yang cukup terkenal di Indonesia yaitu om Robert Hanson.

Sekilas tentang Robert Hanson

Buat yang masih awam dengan dunia digital dan internet marketing, nama Robert Hanson ini mungkin belum familiar. Tapi beliau ini adalah salah satu senior tukang jualan online yang paling terkenal di Indonesia.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengikuti kelas-kelas dan seminar-seminar offline om Robert di masa lalu. Terakhir itu di tahun 2010-an dan sejak itu sepertinya om Robert agak mulai undur diri dari mengadakan kelas-kelas dan seminar-seminar dan fokus membesarkan perusahaan digital marketingnya.

Yang saya tahu adalah om Robert mengawali karir digital marketingnya ketika beliau bekerja sebagai penjaga warnet belasan tahun yang lalu. Beliau mencoba berjualan online lewat sebuah forum diskusi online yang cukup besar di Indonesia. Ketika beliau berhasil menjual produk pertamanya (saya lupa waktu itu HP bekas tapi yang jelas barang elektronik), dia melihat bahwa sebenarnya jualan online itu sangat memungkinkan dan sejak itu serius belajar dan mempraktekkan digital marketing sampai sekarang.

Isi kelas webinar Advanced Social Media Marketing Strategy bersama Robert Hanson

Kelas webinar yang saya ikuti berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 18 Februari 2021 kemarin. Kelas dua hari ini berlangsung mulai dari jam setengah satu siang sampai dengan setengah lima siang lewat aplikasi Zoom. Untuk memudahkan koordinasi, penyelenggara juga memasukkan peserta-peserta yang terdaftar ke dalam sebuah group WhatsApp khusus.

Karena ini kelas "advanced", maka diharapkan peserta yang mengikuti sudah memiliki sedikit ilmu basic mengenai social media marketing atau sudah mengikuti kelas basic yang juga diadakan Kontan Academy dan Robert Hanson.

Walaupun begitu, om Robert menggunakan kurang lebih 15 menit di awal kelas hari pertama untuk menjelaskan general overview basic social media marketing itu apa. Di awal kelas juga ada sesi perkenalan para peserta terutama tentang apa bidang usaha yang sedang mereka tekuni dan apa yang menjadi tujuan mereka di social media. Peserta kelas webinar kali ini bukan cuma pengusaha dan digital marketer tapi banyak juga orang-orang korporat baik itu swasta maupun BUMN yang diminta kantornya untuk mempelajari lebih jauh tentang social media marketing.

Hari Pertama: Praktek Facebook Ad yang benar

Walaupun kelas ini judulnnya "Advanced Social Media Marketing" tapi sebenarnya yang menjadi fokus utama adalah topik Facebook Advertising. Hampir 95% isi kelas adalah tentang Facebook Ad, yang sebenarnya cukup masuk akal karena memang pangsa periklanan terbesar di media sosial adalah Facebook walaupun ada pemain-pemain lain seperti Twitter, Linkedin dan sebagainya.

Karena Instagram merupakan bagian dari Facebook, maka sebenarnya di kelas ini juga kita belajar cara memasang iklan buat Instagram.

Hal yang paling penting dibagikan oleh om Robert di kelas ini adalah bagaimana sebagian besar orang melakukan kesalahan fundamental yang bisa berakibat fatal pada nasib campaign lewat Facebook Ad.

Sebagian besar orang kesalahannya adalah melakukan langkah-langkah sebagai berikut: buat konten lalu iklankan di Facebook dengan target market yang dikira-kira sendiri tanpa ada data pendukung. Menurut om Robert, cara ini salah dan bisa berakibat biaya iklan membengkak tanpa ada hasil yang signifikan ataupun profit.

Cara yang benar, menurut om Robert, adalah pengiklan pertama-tama harus membuat "kolam ikan" yang berbeda-beda. Minimal ada 3 kolam ikan yang harus dibuat dan masing-masing kolam ini harus berisi target market yang berbeda-beda agar nanti targeting iklan bisa lebih spesifik lagi. Dengan targeting yang lebih spesifik, pengiklan bisa menentukan konten mana yang lebih cocok ditampilkan ke ikan-ikan di kolam A, B, C dan seterusnya sehingga diharapkan hasil dari campaign nanti bisa lebih optimal.

Karena postingan ini adalah "review" dan bukan "spoiler", tidak etis rasanya kalau saya menjelaskan secara detil dan teknis dari apa yang om Robert tunjukkan di kelas webinar. Yang jelas, di kelas webinar ini om Robert meminta ada 2 orang sukarelawan yang mau dibikinkan campaign iklan Facebook-nya secara live di Zoom.

Dua sukarelawan yang bersedia kemudian men-share screen lewat Zoom dan lewat inilah om Robert memandu mereka untuk praktek cara membuat kolam-kolam ikan yang berbeda untuk berbagai jenis audience dan market. Dari praktek kedua rekan ini, peserta yang lain juga bisa mencoba melakukan hal yang sama di PC dan akun Facebook masing-masing.

Hari Kedua: Cara membaca data hasil campaign FB Ads

Hari kedua tidak terlalu banyak praktek tapi om Robert lebih banyak mengajarkan cara dan logika dalam membaca hasil campaign Facebook Ads.

Di hari kedua ini, saya dan peserta lain jadi tahu apa saja standar atau angka yang harus dicapai untuk menilai sebuah campaign berjalan normal atau mempunyai potensi boncos alias rugi.

Hal yang tidak kalah pentingnya dipelajari di hari kedua ini adalah bagaimana cara mengoptimalisasi campaign kita dengan cara menurunkan biaya iklan dengan mengatur beberapa parameter dan juga tentang fitur otomatis dari Facebook yang bisa menekan biaya iklan lebih rendah lagi dengan mencegah campaign-campaign berpotensi merugi untuk berhenti berjalan.

Di hari kedua ini juga ada diperkenalkan cara membuat sebuah kolam ikan khusus yang bisa dipakai untuk mentargetkan orang-orang yang mengunjungi halaman website kita untuk terus menerus diexpose dengan iklan kita ketika mereka sedang browsing di Facebook.

Penilaian keseluruhan

Secara umum, saya merasakan bahwa ilmu dan informasi yang om Robert bagikan cukup berguna buat saya yang selama ini tidak begitu akrab dengan Facebook Ads.

Selama ini kalau saya mau melakuan campaign lewat iklan Facebook, yang saya lakukan adalah mencari agensi periklanan dan meminta mereka melakukan campaign saya. Dengan info yang diberikan om Robert, saya mendapatkan ilmu cara melihat apakah agensi yang saya sewa telah melakukan campaign dengan benar atau tidak.

Dari sisi pengajar, saya juga bisa menilai om Robert memang benar-benar ahli di bidang Facebook advertising. Cara dia memandu peserta untuk praktek secara live selama webinar menunjukkan kelincahan dia dalam berinteraksi dengan interface dan dashboard FB Ads. Selain itu, om Robert juga sangat sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan para peserta lewat fitur chat yang ada di Zoom.

Biaya untuk mengikuti kelas webinar ini kemarin adalah sekitar Rp 500,000 untuk dua hari. Dengan harga ini juga semua peserta akan mendapatkan slide presentasi om Robert dan juga rekaman webinar selama dua hari untuk menemani praktek Facebook Ads ke depannya. Buat yang berminat mengikuti, silahkan mendaftar di Kontan Academy untuk jadwal kelas webinar berikutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.