Submission Dari Side Control: Kimura & Papercutter Choke

Submission Dari Side Control: Kimura & Papercutter Choke

Halo jumpa lagi di postingan video teknik BJJ dan kali ini gua bakal share kombinasi serangan submission dari side control setelah sebelumnya gua tunjukkin kombinasi submission dari posisi knee on belly.

Side control adalah posisi yang bakalan sering banget elo dapetin begitu elo berhasil ngelewatin (passing) guard lawan elo.

Posisi side control juga itungannya posisi dominan dari atas karena dari sini elo bisa langsung submit orang atau transisi ke posisi atas yang lebih dominan lainnya seperti knee on belly ataupun mount.

Seringnya buat lebih aman emang disarankan untuk transisi ke posisi atas yang lebih dominan yang gua sebut sebelonnya.

Akan tetapi, ga ada salahnya juga buat nyoba submit langsung dari side control karena elo bisa mancing lawan elo untuk reaksi dan ngebuka serangan lain entah itu transisi ke posisi lain yang lebih dominan atau submission lain.

Di bawah ini gua tunjukkin gimana elo bisa mengkombinasikan dua serangan submission – kimura dan papercutter choke – dari posisi side control.

Submission Dari Side Control #1: Kimura

Untuk serangan submission dari side control yang pertama adalah teknik kuncian bahu yang namanya kimura.

Buat elo yang udah baca-baca postingan-postingan sebelumnya, gua juga udah pernah nunjukkin cara ngelakuin kuncian kimura ini tapi dari posisi closed guard.

Konsepnya basically sama: kita isolasi bahu lawan kita dan bikin engselnya gerak ke arah yang ga natural sehingga maksa dia untuk tap kalau dia masih mau bisa cebok normal.

Submission Dari Side Control #2: Papercutter Choke

Serangan submission kedua dari posisi side control adalah ketika lawan kita bereaksi buat defend dari serangan kimura kita sebelumnya.

Di ilmu alam kita belajar bahwa kalau ada aksi pasti ada reaksi.

Hal yang sama pun ada di jiu jitsu dan semua bela diri yaitu pasti lawan kita gak akan diem aja kalau diserang dan pasti kasih reaksi.

Nah reaksi ada bermacam-macam tapi untuk defend kimura ada satu reaksi yang cukup umum dilakukan ketikar orang gak mau bahunya dikunci yaitu dengan pegang belt atau fabric apapun yang ada biar bahunya gak bisa diisolasi secara total.

Salah satu cara mengcounter defense kimura semacem ini adalah dengan transisi ke serangan papercutter choke.

Praktek Langsung Biar Bisa Kepake Di Real Life!

Kimura from side control.

Belajar teknik-teknik bela diri lewat video doank tanpa dipraktekkan langsung itu gak akan ada gunanya.

Praktek langsung itu penting buat ngebangun muscle memory supaya kalau suatu saat elo perlu pake teknik elo buat membela diri, gerakan-gerakannya bakalan keluar dengan sendirinya.

Elo bisa gabung latihan bareng gua dan kawan-kawan yang lain di Andy Dragao BJJ di Rawabelong, Jakarta Barat, buat mulai ngasah skill bela diri elo pake salah satu disiplin yang udah kebukti efektif kepake di dunia nyata bukan di dunia maya ataupun dunia gaib.

Klik tombol di bawah ini buat kontak om Andy, partner gua, dan ngebooking sesi free trial BJJ elo.

Hans David
Socials:
Latest posts by Hans David (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gabung Group Telegram Untuk Mendapatkan VIDEO GRATIS Prinsip Dasar Self Defense Di Brazilian Jiu Jitsu & Booking Sesi Free Trial >>

X