Tata Krama Latihan BJJ Buat Orang Baru

Tata Krama Latihan BJJ Buat Orang Baru

Kali ini gua mau bahas tentang tata krama latihan BJJ terutama buat orang baru yang mungkin belum paham atau belum tau aturan-aturan yang ada baik yang tertulis maupun tidak tertulis.

Di bawah ini adalah 5 aturan tata krama latihan BJJ yang harus diketahui oleh orang-orang yang baru belajar atau mau mulai latihan.

Aturan #1: Jaga kebersihan

Ini menurut gua harusnya udah common sense sih.

Kalo lo mau latihan atau melakukan kegiatan yang bakalan banyak bersentuhan secara fisik sama orang lain, maka wajib hukumnya elo jaga kebersihan diri lo dan lingkungan sekitar tempat lo latihan.

Make sure lo wangi, harum dan bersih sebelum mulai latihan.

Caranya gampang banget: mandi, sikat gigi dan pakai deodoran.

Selain itu juga tolong jaga kebersihan area matras dengan tidak membuang sampah sembarangan ataupun naro barang printilan elo, baik itu laptop, handuk, dll, di tengah-tengah area yang bisa ngeganggu orang latihan.

Kalo ke toilet, please pake sendal biar kalo lo balik ke matras, kaki lo gak bawa bakteri ataupun butiran-butiran tokai ukuran mikroskopis yang bisa bikin temen-temen yang lain sakit.

Walaupun ini harusnya common sense, gua masih aja sering nemu orang yang kagak jaga kebersihan baik dirinya sendiri ataupun area matras tempat latihan bareng.

Aturan #2: Say hi dan berbaur dulu aja....

Buat kalian yang baru pertama kali banget dateng latihan BJJ, gak usah malu-malu kucing buat say hi ataupun berbaur dulu ke pelatih maupun murid-murid yang lain.

Gak usah sungkan soalnya kebanyakan orang-orang BJJ itu chill dan nyante.

Dengan say hi dulu juga lo bisa ngukur apa gym yang lo datengin itu toxic atau asik.

Kalo lo say hi terus orang-orangnya pada ketus nanggepin elo atau cuek, hampir pasti itu gym toxic dan lebih baik lo gak usah latihan di situ sekalian.

Sering juga elo bakalan di-say hi-in dulu sama orang-orang yang ada di gym.

Kalo begitu langsung aja ngobrol-ngobrol dan berbaur biar lo juga bisa ngira-ngira karakter orang-orang di gym itu kayak gimana.

Aturan #3: Jangan sotoy

Ketika latihan udah dimulai, perhatiin dan dengerin instruksi dari pelatih dengan baik.

Biasakan lebih banyak diam daripada mengeluarkan celetukan atau pertanyaan yang gak perlu.

Nanya itu gak apa-apa kok apalagi kalo orang baru pasti banyak bingungnya.

Tapi orang-orang yang udah lama latihan dan juga pelatih BJJ lo pasti tau mana pertanyaan yang emang bener-bener murni untuk belajar dan mana yang cuma buat nge-test doank dan nunjukkin ke-sotoy-an elo.

Contoh pertanyaan yang emang bener-bener murni: coach, saya kayaknya kurang lentur untuk bisa ngelakuin teknik tadi. Ada modifikasi atau cara lain biar saya bisa juga gak?

Contoh pertanyaan sotoy: coach, kalo lawannya reaksinya naro tangan ke situ atau ngelawan balik dengan cara A, B, C, D, E dst dst gimana?

Kerasa kan bedanya?

Model pertanyaan kedua itu adalah jenis pertanyaan tolol dari si sotoy.

Reaksi ke satu teknik itu bisa ada jutaan dan ga mungkin semuanya dibahas dalam satu sesi kelas, dodol.

Pertanyaan model kedua juga ngeganggu banget alur pengajaran di kelas

Orang-orang bisa keburu dingin lagi badannya setelah pemanasan kalo pelatihnya sabar ngeladenin pertanyaan elo yang gak berguna.

Aturan #4: Payback rule waktu sparring

Di BJJ dan di bela diri lain yang ada sesi sparring-nya ada yang namanya “payback rule”.

Apa pula itu?

Intinya sekeras apa intensitas yang elo kasih ke lawan elo ketika sparring, maka elo juga bakal nerima intensitas yang sama kerasnya.

Jadi, kalo elo ngerasa ketika sparring kok elo dikerasin dan dilindes abis-abisan sama lawan sparring elo, ada kemungkinan emang energi dan intensitas yang lo kasih juga sekeras itu.

Intinya adalah jangan terlalu keras atau sembrono dalam gerakan lo ketika lo masih anak baru. 

Ingat, tujuan utama sparring pas lagi kelas latihan BJJ itu bukan buat menang, tapi buat belajar dan berlatih.

Aturan #5: Jangan ngaku-ngaku elo "petarung jalanan"

Ada sebagian orang yang merasa dirinya keras banget dan telah ditempa sebagai seorang “petarung jalanan”.

Orang-orang ini sering kali datang nyoba latihan ke gym BJJ/MMA bukan buat belajar tapi buat nantangin orang-orang di sana dan ngebuktiin diri sebagai seorang jagoan.

Nah biasanya orang-orang yang ngaku-ngaku seperti ini sama orang-orang di dalem gym ya dilindes abis-abisan pas sesi sparring buat nunjukkin kalo delusinya sebagai seorang jagoan itu ga ada artinya di hadapan orang-orang yang emang kelatih buat berantem.

Ya okelah mungkin elo di masa lalu suka tawuran ato berantem di kantin sekolah.

Tapi ya udah ga usah lo koar-koar tentang reputasi lo kalo lo dateng latihan ke gym BJJ/MMA.

Akhir kata....

Sebenernya masih banyak aturan tata krama latihan BJJ lainnya tapi gua jelasin lima ini dulu yang menurut gua paling penting.

Kelima aturan ini ada buat ngejaga suasana latihan aman dan nyaman buat semua yang terlibat baik itu pelatih, asisten-asistennya dan juga para murid.

Nah buat elo yang tertarik ingin mulai belajar BJJ dan ngerasain sendiri suasana latihan yang bener, join aja di Andy Dragao BJJ.

Kita ada di daerah Rawabelong, Jakarta Barat deket dengan kampus Binus dan banyak tempat nongkrong kuliner yang asik.

Mari Belajar BJJ Bareng Gua Di Andy Dragao BJJ!

Kita belajar pake kurikulum langsung dari 3rd Degree Black Belt Prof. Deddy Wigraha dan harganya bersahabat banget!

Belom ada pengalaman sebelonnya? Gampang! Booking sesi FREE trial aja dulu sekali langsung ke om Andy. Yuk kontak doi di bawah ini:

Hans David
Socials:
Latest posts by Hans David (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gabung Group Telegram Untuk Mendapatkan VIDEO GRATIS Prinsip Dasar Self Defense Di Brazilian Jiu Jitsu & Booking Sesi Free Trial >>

X